TINJAUAN YURIDIS TENTANG UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOTIKA DI DALAM LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang)

Muhajir Zulmi, Ahmad (2021) TINJAUAN YURIDIS TENTANG UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PEREDARAN NARKOTIKA DI DALAM LEMBAGA PEMASYARAKATAN (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (576kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (396kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (407kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (536kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tinjauan Yuridis Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Peredaran Narkotika di Dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang” bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang dalam upaya penanggulangan peredaran narkotika di dalam Lembaga pemasyarakatan, mengetahui kendalakendala yang dihadapi petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang. Metode pendekatan ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian yang mengkaji mengenai ketentuan hukum yang berlaku dan yang terjadi dimasyarakat, yan g menggunakan data primer, data sekunder, dan data tersier. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui penelitian lapangaan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan upaya penanggulangan terhadap narapidana sebagai pelaku tindak pidana peredaran narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang meliputi adanya upaya penanggulangan melalui upaya non penal, dilaksanakan dengan cara pertama, penyuluhan Narkoba Kepada Narapidana, Kedua, Melakukan Pemeriksaan Terhadap Pengunjung Lapas, Ketiga, Melakukan Tes Narkoba Terhadap Narapidana, Dan terakhir, Melakukan Pembinaan Terhadap Sipir agar mereka tidak ikut terlibat dalam peredaran narkotika di dalam Lapas. Sedangkan upaya penanggulangan melalui upaya penal, dilaksanakan dengan cara pertama, Melakukan razia terhadap narapidana, . Kedua, Melakukan penyidikan terhadap narapidana yang diduga mengedarkan narkotika di dalam Lapas. Ketiga, Memproses secara hukum narapidana yang mengedarkan narkotika diawali dengan menangkap narapidana yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Dan terakhir, Memproses secara hukum sipir yang terlibat atau bekerjasama dengan narapidana dengan para narapidana. Sedangkan kendala yang dihadapi ialah dapat disebabkan oleh pihak lapasnya sendiri maupun disebabkan oleh pihak narapidananya dianataranya kendala yang disebabkan oleh lapas dapat ditemukan pada kualitas dan kuantitas petugas lapas, kualitas program pembinaan, fasilitas pembinaan, dan masyarakat. Sedangkan kendala–kendala yang disebabkan oleh narapidana sendiri yaitu karena kepribadian narapidana, masih dalam keadaan ketergantungan, kurangnya rasa jera atau bersalah dalam diri narapidana, dan faktor lingkungan. Solusi dari kendala-kendala tersebut yaitu dengan cara meningkatkan kinerja petugas Lapas, sehingga pelaksanaan pidana penjara di Lapas Kelas 1 Semarang menjadi efektif. Kata kunci : Tinjauan Yuridis, Tindak Pidana, Peredaran, Narkotika, Lapas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:09
Last Modified: 07 Jan 2022 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21112

Actions (login required)

View Item View Item