AKIBAT HUKUM PEMBATALAN PERKAWINAN TERHADAP WANITA YANG HAMIL DI LUAR NIKAH (Study Kasus Putusan Pengadilan Agama Kendal Nomor : 536/Pdt.G/2019/PA.Kdl)

Afriliani, Adelia (2021) AKIBAT HUKUM PEMBATALAN PERKAWINAN TERHADAP WANITA YANG HAMIL DI LUAR NIKAH (Study Kasus Putusan Pengadilan Agama Kendal Nomor : 536/Pdt.G/2019/PA.Kdl). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (543kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (277kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (351kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (445kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas dari dampak pembatalan perkawinan di Kota Kendal yang terjadi karena penipuan atau salah sangka terhadap keadaan diri istri. Penipuan yang dilakukan oleh istri (termohon) kepada suami (pemohon) mengenai adanya salah sangka yang disengaja oleh istri dengan tidak memberitahukan keadaan dirinya yang sebenarnya, bahwa telah hamil sebelum adanya pernikahan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui analisis dasar dan pertimbangan hakim dalam menetapkan putusan terhadap pembatalan perkawinan sebagaimana termuat dalam putusan Pengadilan Agama Kendal Nomor : 536/Pdt.G/2019/PA.Kdl. dan akibat hukum pembatalan perkawinan akibat wanita yang hamil di luar nikah putusan Pengadilan Agama Kendal Nomor : 536/Pdt.G/2019/PA.Kdl. ditinjau dari UU Perkawinan No. 1 tahun 1974 dan perspektif hukum islam. Untuk menjawab permasalahan ini diperlukan penelitian untuk memperoleh data-data, penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primernya berupa hasil wawancara dengan majelis hakim pemeriksaan perkara dan wawancara dengan termohon, serta data sekundernya berupa putusan Pengadilan Agama Nomor 536/Pdt.G/2019/PA.Kdl serta literaturliteratur lain yang menunjang penelitian yang di dapat dari studi kepustakaan, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perkawinan antara pemohon dan termohon dinyatakan batal memenuhi ketentuan yang termuat dalam Pasal 27 ayat (2) UU Nomor 1 tahun 1974 jo. Pasal 72 ayat (2) Kompilasi Hukum Islam serta menjadi dasar hukum bagi hakim dalam memutus pembatalan perkawinan. Akibat hukum pembatalan perkawinan bagi pihak yang membatalkan dan pihak yang dibatalkan adalah putusnya hubungan perkawinan dimulai setelah putusan di Pengadilan Agama yang berkekuatan hukum tetap dan perkawinan dianggap tidak pernah ada. Serta hal ini juga berakibat kepada keadaan psikologis pihak yang dibatalkan perkawinannya menjadi stres dan mendapatkan tekanan diri. Kata Kunci : Pembatalan Perkawinan, Hamil Di Luar Nikah, Akibat Hukum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:08
Last Modified: 07 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21089

Actions (login required)

View Item View Item