TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERMOHONAN DAN PROBLEMATIKA PENGANGKATAN ANAK (ADOPTION) (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Demak Penetapan Nomor 0076/Pdt.P/2013/PA.Dmk)

Yulia Lestari, Indah (2021) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERMOHONAN DAN PROBLEMATIKA PENGANGKATAN ANAK (ADOPTION) (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Demak Penetapan Nomor 0076/Pdt.P/2013/PA.Dmk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (904kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (321kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (328kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (619kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (397kB)

Abstract

Anak merupakan amanah dan Titipan dari Allah SWT yang harus dijaga dan dilindungi haknya sehingga dapat tercapai kesejahteraan yang memang seharusnya didapatkan. Namun, perlindungan atas hak tersebut tidak mereka dapatkan dari orang tua kandung ataupun keluarga, sehingga mengharuskan adanya praktik pengangkatan anak. Praktik pengangkatan anak terjadi karena ada beberapa faktor dan problematika yang terjsdi. Dengan demikian, menarik untuk ditinjau secara hukum mengenai tinjauan yuridis terhadap permohonan dan problematika pengangkatan anak (adopsi) tersebut dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana prosedur permohonan dan syarat pengangkatan anak di Pengadilan Agama Demak, Apa pertimbangan hakim dalam menetapkan pengangkatan anak Nomor 0076/Pdt.P/2013/P.A/Dmk, Apa problematika pengangkatan anak dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Lokasi penelitian di Pengadilan Agama Demak beralamat di Jalan Sultan Trenggono No 23, Gandum, karngrejo, Kec. Wonosalam, Kab. Demak, Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Prosedur permohonan pengangkatan anak dengan membawa surat permohonan pengangkatan anak yang ditanda tangani kemudian datang ke Pengadilan Agama Demak dan syarat orang tua angkat dan anak angkat diatur dalam Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2007. 2) Pertimbangan hakim dalam menetapkan pengangkatan anak Nomor 0076/Pdt.P/2013/P.A/Dmk, majelis hakim menimbang bahwa permohonan Pemohon secara absolut dan relatif menjadi kewenangan Pengadilan Agama Demak, para Pemohon sudah memenuhi syarat formil dan syarat materill dengan bukti-bukti dan 3 orang saksi. 3) Problematika pengangkatan anak terjadi pada calon orang tua angkat (adoptant) disebabkan karena tidak memiliki keturunan. Sedangkan problematika pada orang tua kandung terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, faktor pendidikan, faktor psikologis. Dari problematika yang terjadi pada kedua belah pihak dapat diatasi dengan solusi pengangkatan anak. Kata Kunci: Permohonan, Problematika, Pengangkatan Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:08
Last Modified: 07 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item