Saputra, Muhamad Padeli (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengontrolan Kadar Glukosa Pada Pasien Diabetes Mellitus. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula.
|
Text
Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Muhamad Padeli Saputra PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGONTROLANKADAR GLUKOSA PADA PASIEN DIABETES MELLITUS 38 hal + 8 tabel + xii Latar Belakang: Pendidikan kesehatan ialah segala upaya yang direncanakan untuk mempegaruhi orang lain baik individu, kelompok atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang di harapkan oleh pelaku pendidikan, untuk itu di perlukan asuhan keperawatan untuk memotivasi pasien melalui sarana pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah pengaruh pendidikan kesehatan terhadap penurunan kadar glukosa darah pada pasien diabetes mellitus. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi experimental design dengan rancangan one group pretest posttest. Pengumpulan data dengan lembar observasi. Jumlah sampel sebanyak 17 responden dengan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan uji McNemar. Hasil: Berdasarkan hasil analisa statistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap penurunan kadar glukosa pada pasien diabetes mellitus. Hasil uji McNemar di peroleh nilai p-value 0,250 > (0,05). Simpulan: Pendidikan kesehatan tidak berpengaruh terhadap pengontrolankadar glukosa pada pasien diabetes mellitus. Kata kunci: Pendidikan kesehatan, diabetes mellitus Daftar Pustaka: 40 (1992-2012)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Dec 2015 07:27 |
Last Modified: | 29 Dec 2015 07:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
View Item |