PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMELIHARAAN JARINGAN OLEH PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PT PLN) DI KOTA PEMALANG

Laksono Aji, Rino (2021) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PEMELIHARAAN JARINGAN OLEH PERSEROAN TERBATAS PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PT PLN) DI KOTA PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (423kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (292kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (303kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (359kB)

Abstract

Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan sebagai sumber daya ekonomis yang paling utama yang dibutuhkan dalam berbagai sektor. Banyak aktifitas kesejahteraan mempergunakan energi listrik. Peningkatan kemakmuran masyarakat serta upaya mendorong peningkatan taraf hidup tidak terlepas dari penyediaan tenaga listrik. Pentingnya energi listrik bagi masyarakat dapat ditunjukkan dengan besarnya penggunaan listrik oleh masyarakat baik untuk konsumsi rumah tangga maupun industri dan perdagangan dalam skala lokal maupun nasional. Hal lain sehubungan dengan fungsi listrik adalah adanya kemajuan teknologi komunikasi maupun informatika yang turut memperluas ruang gerak arus transportasi barang maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan konsumen terhadap pemeliharaan jaringan serta kendala apa sajakah yang timbul dalam perlindungan kosumen dalam pemeliharaan jaringan oleh Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) di Kota Pemalang beserta solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer sebagai data utamanya. Teknik pengumpulan data primer dengan wawancara kepada pihak PT PLN Kota Pemalang dan data sekunder dengan membaca, mengkaji, dan menganalisa bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu ditafsirkan secara logis dan sistematis kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat beberapa bentuk perlindungan konsumen yang diberikan oleh PT PLN yang bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada para konsumen seperti penyediaan suplai listrik yang maksimal dan pengadaan sarana prasarana agar listrik dapat menyentuh seluruh daerah di Indonesia. Terdapat pula bentuk dari hak dan kewajiban konsumen maupun PT PLN selaku pelaku usaha, Adapun kendala yang dialami oleh PT PLN sendiri terdiri dari kendala internal yaitu berasal dari lingkup PT PLN sendiri seperti human error atau sarana prasarana yang kurang memadai, kemudian kendala eksternal seperti perilaku dan budaya konsumen yang merugikan PT PLN yaitu tindakan kecurangan atau illegal dan perilaku tidak tertib dalam melakukan penbayaran secara tepat waktu. Berkaitan dengan revolusi industri, saat ini PT PLN juga menyediakan pembayaran prabayar dan pascabayar serta konsumen saat ini dapat melakukan pembayaran melalui offline maupun online seperti e-commerce. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi dan mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi saat ini. Pembangunan sutet juga diperbolehkan dan telah memiliki standar keamanan asalkan sesuai dengan peraturan dan jarak yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Perlindungan Jaringan, Perseroan Terbatas, PT PLN

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:07
Last Modified: 07 Jan 2022 07:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21061

Actions (login required)

View Item View Item