PELAKSANAAN PERUBAHAN KESALAHAN PENULISAN BIODATA DALAM AKTA KELAHIRAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KUDUS)

Wulandari, Miladianur (2021) PELAKSANAAN PERUBAHAN KESALAHAN PENULISAN BIODATA DALAM AKTA KELAHIRAN MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (STUDI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA KUDUS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (349kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (230kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (321kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (402kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (431kB)

Abstract

Dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dalam Pasal 1 angka 7 menjelaskan bahwa yang bertanggung jawab dan berwenang untuk melaksanakan pelayanan dalam urusan Administrasi Kependudukan merupakan kewenangan Lembaga Catatan Sipil untuk mencatat dan mengeluarkan akta yang berupa Akta Catatan Sipil. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perubahan kesalahan penulisan biodata dalam akta kelahiran menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kudus dan hambatan-hambatan serta solusi dalam pelaksanaan perubahan kesalahan penulisan biodata dalam akta kelahiran menurut Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kudus. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yang mana tidak hanya menggunakan asas dan prinsip hukum dalam meninjau, melihat, dan menganalisa masalah tetapi penelitian ini juga meninjau bagaimana pelaksanaan dalam praktek. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: 1) Dalam pengajuan pembetulan/pembenaran akta kelahiran karena kesalahan penulisan biodata dalam akta kelahiran telah sesuai dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan. 2) Hambatan-hambatan dan solusi di dalam pelaksanaan perubahan kesalahan penulisan biodata di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kudus terdapat dalam akta kelahiran atas nama Labibah Arum Anugrahaeni yang mana kesalahannya terdapat pada jenis kelamin yang semula laki-laki dan yang seharusnya yakni perempuan terjadi perbedaan data baik dalam Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Solusi yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kudus yakni mengubah data pendukung tidak perlu melalui Penetapan Pengadilan Negeri / Pengadilan Agama karena tidak menyangkut di dalam ijazah, NIK, SIM, KTP, dll. Kata Kunci: Perubahan, Biodata, Akta Kelahiran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:06
Last Modified: 07 Jan 2022 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21049

Actions (login required)

View Item View Item