UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM KOTA SEMARANG (Studi di Polrestabes Semarang)

Nur Salim, Arif (2021) UPAYA KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM KOTA SEMARANG (Studi di Polrestabes Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (414kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (370kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (384kB)

Abstract

Penelitian ini, berjudul ”Upaya kepolsian dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepolisian dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika di Polrestabes Kota Semarang, dan faktor penghambat yang dihadapi Polrestabes Kota Semarang dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan narkotika serta solusi dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis.Sumber data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analisis data dengan cara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) upaya yang dilakukan oleh Satresnarkoba Polrestabes Kota Semarang dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika yaitu dengan upaya preventif (pencegahan) yang meliputi : kegiatan penyuluhan dan sosialisasi, melakukan kampanye anti narkotika, patroli ditempat rawan, razia, serta membentuk jaringan informasi, upaya preventif yakni dengan melakukan tindakan represif terhadap tersangka atau pelaku yang telah terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika dengan cara memproses penyelidikan, penyidikan, penangkapan, dan penyerahan tersangka beserta barang bukti kepada kejaksaan untuk selanjutnya dilakukan penuntutan dan persidangan di pengadilan. (2) Dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan narktotika Satresnarkoba Polrestabes Kota Semarang mengalami berbagai hambatan seperti sumber daya manusia, sarana prasarana, modus operandi baru, dan rendahnya partisipasi masyarakat. Upaya yang dilakukan Satresnarkoba Polrestabes Kota semarang dalam mengatasi hambatan tersebut antara lain dengan menganggarakan anggaran untuk memperluas ruangan, membeli alat screening, serta membeli alat penyadap, mengadakan kerja sama antar Sat Reskim serta mengupayakan peningkatan intensitas kegiatan-kegiatan pelatihan penyidikan dan penyelidikan, melakukan observasi-observasi kasus pengedaran narkotika terdahulu, serta mengadakan kerjasama dengan LPSK. Kata Kunci : Menanggulangi, Penyalahgunaan, Narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:06
Last Modified: 07 Jan 2022 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item