KETENTUAN PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN GADAI” ( Studi di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pembantu Karangturi Semarang)

Reksa Santosa, Aldhy (2021) KETENTUAN PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN GADAI” ( Studi di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pembantu Karangturi Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (487kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (293kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (416kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Ketentuan Penyelesaian Wanprestasi Dalam Perjanjian Gadai”dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian gadai di Kantor Pegadaian Cabang Pembantu Karangturi Kota Semarang dan selain itu juga mencari tahu kendalakendala yang dihadapi dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian gadai di Kantor Pegadaian Cabang Pembantu Karangturi Kota Semarang beserta solusi dalam mengatasi kendala tersebut. Penulisan skripsi ini dilakukan dengan metode yuridis sosiologis yaitu berbentuk penelitian hukum yang digunakan dalam upaya melihat dan menganalisa bagaimana bekerjanya suatu aturan hukum yang ada didalam masyarakat. Penggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis ini disebabkan karena permasalahan yang diteliti erat kaitanya dengan faktor yurifis dan sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai ketentuan penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian gadai di kantor pegadaian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian gadai di Kantor Pegadaian Cabang Pembantu Karangturi Kota Semarang adalah dengan mengirim pemberitahuan via Telepon dan Whatsapp, mengeluarkan somasi kepada kreditur, terbitnya surat pemberitahuan lelang, melaksanaan lelang terhadap barang yang digadaikan. 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pembantu Karangturi Semarang serta solusi dalam mengatasi kendala tersebut antara lain urang kooperatifnya beberapa kreditur dalam melaksanakan kewajiban, pelaksanaan lelang yang terkadang memakan waktu lama sehingga beberapa barang tertentu yang mengalami penurunan harga di kemudian hari dapat menimbulkan kerugian karena kurangnya hasil eksekusi lelang untuk menutup kekurangan dari kreditur, Hambatan Pelayanan Kepada Customer dari internal oknum karyawan di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pembantu Karangturi Semarang. Solusi yang bisa dilakukan antara lain melakukan pendekatan secara persuasif kepada para kreditur yang kurang kooperatif, menafsir harga gadai dengan pertimbangan harga sesuai dengan jangka waktu di kemudian hari karena beberapa barang yang fluktuatif harganya tidak tentu dan bahkan potensi turun, memberikan sanksi kepada karyawan yang tidak memberikan pelayanan yang baik sehingga menimbulkan efek jera kepada beberapa oknum karyawan yang melakukan pelayanan kurang maksimal terhadap kreditur. Kata Kunci : Wanprestasi, Perjanjian, Gadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:05
Last Modified: 07 Jan 2022 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21034

Actions (login required)

View Item View Item