PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus Pengadilan Negeri Brebes Nomor : 04/SK/HK/2/2021/PN Brebes)

Umri Saputra, Bagus (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEREMPUAN KORBAN TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2004 TENTANG PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi Kasus Pengadilan Negeri Brebes Nomor : 04/SK/HK/2/2021/PN Brebes). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (628kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (397kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (224kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (443kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (471kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (501kB)

Abstract

Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan masalah klasik dalam dunia hukum.Walaupun sudah terdapat Undang – Undang untuk melindungi Korban dari Kekerasan Dalam Rumah Tangga yaitu Undang - Undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga akan tetapi hal ini belum cukup mengantisipasi kekerasan tersebut. Dalam hal ini perlu adanya perhatian dan perlindungan hukum baik pemerintah, aparat penegak hukum, maupun dari masyarakat sehingga diharapkan setiap orang yang mendengar, melihat, atau mengetahui terjadinya KDRT wajib melakukan upaya pencegahan dan memberikan pertolongan.Sebenarnya apa penyebabnya dan seperti apa bentuk perlindungan bagi perempuan korban tindak pidana KDRT yang diatur dalam hukum positif Indonesia. Metode dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Yuridis Sosiologis. Yuridis Sosiologis yaitu metode yang dipergunakan di dalam penelitian hukum yang bertujuan memperjelaskan dan sesungguhnya yang terjadi di masyarakat terhadap suatu permasalahan yang akan diteliti. Tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap perempuan korban tindak pidana KDRT dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2004. Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam memutus perkara tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga di Pengadilan Negeri Brebes. Hasil penelitian diatas menjelaskan bahwa Perlindungan hukum terhadap Perempuan sebagai korban Tindak Pidana KDRT dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga lebih spesifik mengatur tentang kekerasan terhadap perempuan dalam lingkup rumah tangga. Didalam Undang-Undang tersebut berisi upaya perlindungan dan pemulihan korban KDRT. Sesuai ketentuan pasal 10 Undang-Undang PKDRT, disebutkan bahwa untuk menangani korban KDRT, korban berhak mendapat perlindungan dari pihak keluarga, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, advokat, lembaga sosial, atau pihak lainya baik sementara maupun berdasarkan penetapan perintah perlindungan dari pengadilan. Sebagai Undang-Undang yang memfokuskan pada proses penanganan pidana dan penghukuman dari korban. Oleh karena itu perlu upaya strategis diluar diri korban guna mendukung dan memberikan perlindungan bagi korban dalam rangka mengungkapkan kasus KDRT yang menimpanya. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Perempuan Korban Kekerasan, Tindak Pidana, Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:05
Last Modified: 07 Jan 2022 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/21031

Actions (login required)

View Item View Item