STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT BINA AMAL DAN SD DAARUL QUR’AN SEMARANG

FITOYO, TOTOK HADI (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDIT BINA AMAL DAN SD DAARUL QUR’AN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Totok Hadi Fitoyo: “Strategi Pembelajaran al-Qur’an di SDIT Bina Amal dan SD Daarul Qur’an Semarang” Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagimana strategi pembelajaran al-Qur’an di SDIT Bina Amal dan SD Daarul Qur’an Semarang, baik perencanaan, proses, evaluasinya. Kedua, Apa persamaan dan perbedaan strategi pembelajaran al-Qur’an di SDIT Bina Amal dan SD Daarul Qur’an Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang berbasis komparatif, terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Metode pembelajaran al-Qu’an di SDIT Bina Amal menggunakan metode Qiraati, sedangkan di SD Daaqul Qur’an menggunakan kaidah daqu, yang khusus disusun oleh tim tahfidz di pesantren daarul qur’an. 2). Pembelajaran al-Qur’an di kedua lembaga tersebut meliputi: (1) menyusun perencanaan pembelajaran berupa RPP, yang dapat dijadikan acuan dalam proses pembelajaran;(2) melaksanakan proses pembelajaran al-Qur’an yang menyenangkan kepada anak didik, dengan metode yang sudah dipilih dan dijalankan; (3) menilai kemampuan anak didik,baik berupa tahsin maupun tahfidz yang dilakukan ketika proses maupun selesai pembelajaran; (4) melakukan evaluasi secara rutin, baik guru kepada anak didik, kepala sekolah kepada guru maupun sesame guru, agar pemberian apresiasi maupun nilai kepada anak didik dapat dilakukan dengan tepat. Perbandingan antar kedua lembaga tersebut bisa dilihat dari beberapa hal, diantaranya; metode pembelajaran, alokasi waktu, perencanaan pembelajaran. Metode yang digunakan berbeda yaitu Qiraati dan Kaidah Daqu, namun dari segi alokasi waktunya sama antar kedua lembaga tersebut, karena antara tahsin dan tahfidz memiliki skema tersendiri. Kemudian untuk perencanaan sendiri terdapat perbedaan antar metode tersebut, perbedaan yang paling mencolok adalah di metode Qiraati terdapat perencanaan yang lengkap, mulai dari desain kurikulum, silabus, sampai dengan RPP. Namun di metode Kaidah Daqu, perencanaan hanya sebatas pemenuhan administrasi kelembagaan di Dinas Pendidikan setempat. Kemudian, untuk hasil capaian di kedua lembaga tersebut juga berbeda, jika dilihat capaian yang ada, pembelajaran al-Qur’an metode Qiraati memiliki capaian yang lebih baik di bandingkan metode Kaidah Daqu. Faktor pendukung dalam pembelajaran Qiraati di SDIT Bina Amal adalah adanya perencanaan yang sesuai,adanya kerja sama antara orang tua dan guru, dukungan dari fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya pembudayaan yang baik di lingkungan sekolah. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam pembelajaran Kaidah Daqu di SD Daarul Qur’an adalah kerja sama yang belum maksimal antara orang tua dan guru, kemudian belum familiar metode yang digunakan, serta target yang ditetapkan yang terlalu tinggi. Penulis menyarankan agar hasil capaian lebih maksimal maka harus ada perencanaan yang baik, dukungan orang tua yang baik agar siswa lebih maksimal dalam belajar al-Qur’an. Kata Kunci Strategi, Pembelajaran, al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:03
Last Modified: 07 Jan 2022 07:03
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20976

Actions (login required)

View Item View Item