MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus di MTs Askhabul Kahfi Karangmalang Mijen Semarang Tahun 2020 )

SAIFUDIN, ACHMAD (2021) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus di MTs Askhabul Kahfi Karangmalang Mijen Semarang Tahun 2020 ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (964kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Achmad Saifudin (2021) “Manajemen Mutu Pembelajaran PAI (Studi Kasus di MTs Askhabul Kahfi Karangmalang Mijen Semarang Tahun 2020 )” Masalah utama dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana Manajemen Perencanaan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Askhabul Kahfi. Kedua, Bagaimana Manajemen Pelaksanaan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Askhabul Kahfi. Ketiga, Bagaimana Manajemen Penilaian Mutu Pembelajaran PAI di MTs Askhabul Kahfi Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Manajemen Perencanaan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Askhabul Kahfi telah berjalan dengan baik yaitu melakukan perencanaan melalui penyusunan RPP dan Silabus. Melakukan pengorganisasian dengan menyusun tujuan pembelajaran, menentukan materi berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Mengelola waktu pembelajaran dengan baik dengan menyesuaikan pada kalender pendidikan dan minggu efektif. Serta menetapkan Media Pembelajaran, Metode Mengajar dan Bahan Ajar yang digunakan guru dengan menyesuaikan pada kebutuhan siswa.. 2). Manajemen Pelaksanaan Mutu Pembelajaran PAI di MTs Askhabul Kahfi telah dilaksanakan dengan baik pula, dimana guru melakukan kegiatan pembukaan sebelum memulai kegiatan pembelajaran yang meliputi salam, do’a, hingga menanyakan kepada siswa mengenai materi yang akan diajarkan. Kemudianguru melaksanakan kegiatan inti mengajar dengan menggunakan media pembelajaran, metode pembelajaran, hingga interaksi antara guru dengan siswa dikelas. Yang selanjutnya kegiatan penutup dengan pemberian kesimpulan mengenai materi yang telah diajarkan serta memberikan penguatan kepada siswa yang keseluruhanya telah terdapat pada RPP dan Silabus. 3). Manajemen Penilaian Mutu Pembelajaran PAI di MTs Askhabul Kahfi telah diterapkan secara efektif yaitu guru melakukan perencanaan evaluasi berdasarkan pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar siswa dengan KKM sebagai acuan keberhasilan siswa dalam menguasai materi, serta diadakannya perencanaan Remidial serta Pengayaan Kepada siswa. Kemudian dalam penilaian dilaksanakan dengan tersusun dan berdasarkan pada indikator penilaian yang waktu pelaksanaannya telah ditentukan secara sistemati yaitu pada tengah semester dan akhir semester. Seta pengolahan hasil tes dilakukan berdasarkan KKM yang kemudian dilakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi berupa remidial maupun pengayaan terhadap siswa Kata kunci: Manajemen, Mutu Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam ata kunci: Gaya Kepemimpinan, Supervisi, Kinerja Guru Fikih

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:41
Last Modified: 07 Jan 2022 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20898

Actions (login required)

View Item View Item