SINKRONISASI PENGAWASAN DAN PEMBIANAAN NOTARIS OLEH MAJELIS PENGAWAS NOTARIS DAN MAJELIS KEHORMATAN NOTARIS DALAM RANGKA PENEGAKAN HUKUM

SUWARDI, SUWARDI (2021) SINKRONISASI PENGAWASAN DAN PEMBIANAAN NOTARIS OLEH MAJELIS PENGAWAS NOTARIS DAN MAJELIS KEHORMATAN NOTARIS DALAM RANGKA PENEGAKAN HUKUM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (327kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (228kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (624kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis formulasi pengaturan pengawasan Notaris oleh Majelis Pengawas Notaris dan pembinaan Notaris oleh Majelis Kehormatan Notaris dalam penegakan hukum; Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan formulasi pengaturan pengawasan Notaris oleh Majelis Pengawas Notaris dan pembinaan Notaris oleh Majelis Kehormatan Notaris dalam penegakan hukum; Untuk mengetahui dan menganalisis sinkronisasi formulasi pengaturan pengawasan Notaris oleh Majelis Pengawas Notaris dan pembinaan Notaris oleh Majelis Kehormatan Notaris dalam penegakan hukum. Jenis peneletian hukum yang dilakukan adalah penelitian yuridis normatif atau penelitian yang menganalisis hukum, baik yang tertulis dalam buku (law in book) maupun hukum yang diputuskan oleh hakim melalui proses pengadilan, pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan peraturan perundang undanga (statute approach). Berdasar penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengawasan oleh Notaris oleh Majelis Pengawas Notaris dan pembinaan Majelis Kehormatan Notaris diformulasikan kepada pengaturan kewenangan Majelis Pengawas Notaris dalam bentuk proses pengawasan dan pemeriksaan terhadap Notaris, dan kewenangan menjatuhkan sanksi tertentu terhadap Notaris yang telah terbukti melakukan pelanggaran hukum terhadap peraturan Jabatan Notaris. Pembinaan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah tugas dan fungsinya adalah melakukan pemeriksaan terhadap permohonan yang diajukan oleh penyidik, penuntut umum, dan hakim serta memberikan persetujuan atau penolakan terhadap permintaan persetujuan pemanggilan Notaris untuk hadir dalam penyidikan, penuntutan, dan proses peradilan dan memberikan perlindungan kepada Notaris terkait dengan kewajiban Notaris untuk merahasiakan isi Akta. Pelaksanaan pengawasan Notaris oleh Majelis Pengawas Notaris adalah untuk menjamin agar Notaris selalu bertindak sesuai dengan kaidah hukum yang mendasari kewenangannya dan dapat terhindar dari penyalahgunaan kewenangan atau kepercayaan yang diberikan. Sinkronisasi Pengawasan Notaris oleh Majelis Pengawas Notaris dan Pembinaan oleh Majelis Kehormatan Notaris dalam penegakan hukum sangat diperlukan terutama berkaitan dengan : ketimpangan kewenangan antara Majelis Pengawas Notaris dengan Dewan Kehormatan Notaris, ketidaksinkronan pengaturan kewenangan Majelis Kehormatan Notaris (MKN) dan Majelis Pengawas Notaris (MPN), pertentangan pelaksanaan kewenangan Majelis Kehormatan Notaris (MKN) dan Majelis Pengawas Notaris (MPN) dan benturan kepentingan diantara Majelis Kehormatan Notaris (MKN) dan Majelis Pengawas Notaris (MPN). Kata Kunci : Sinkronisasi, pengawasan dan pembinaan notaris, penegakan hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:41
Last Modified: 07 Jan 2022 06:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item View Item