TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB NOTARIS SEBAGAI PENERIMA PROTOKOL MINUTA AKTA Studi Tentang Implementasi Penyerahan Protokol Notaris Yang Sudah Pensiun Atau Meninggal Dunia Di Kota Salatiga

KURNIAWAN, NANDA (2021) TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB NOTARIS SEBAGAI PENERIMA PROTOKOL MINUTA AKTA Studi Tentang Implementasi Penyerahan Protokol Notaris Yang Sudah Pensiun Atau Meninggal Dunia Di Kota Salatiga. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (691kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (310kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (230kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (643kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (439kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (503kB)

Abstract

Notaris adalah pejabat umum yang satu-satunya berwenang untuk membuat akta otentik mengenai perbuatan, perjanjian dan penetapan yang diharuskan oleh suatu peraturan umum atau oleh yang berkepentingan dikehendaki untuk dinyatakan dalam suatu akta otentik, menjamin kepastian tanggalnya, menyimpan aktanya dan memberikan grosse, salinan dan kutipannya, semuanya sepanjang pembuatan akta itu oleh suatu peraturan umum tidak juga ditugaskan atau dikecualikan kepada pejabat atau orang lain. Akta Notaris merupakan bukti yang sempurna sehingga tidak perlu lagi dibuktikan dengan pembuktian lain selama ketidakbenarannya tidak dapat dibuktikan. Notaris berkewajiban menjaga protokol nya, protokol Notaris merupakan Dokumen Negara yang salah satu fungsinya dapat berlaku sebagai alat bukti yang menyatakan bahwa ada perbuatan hukum yang telah dilakukan oleh para pihak terkait dengan perjajian dalam ranah hukum perdata. Tugas dan Tanggung Jawab Notaris Sebagai Penerima Tugas Dan Tanggung Jawab Notaris Sebagai Penerima Protokol Minuta khususnya di Kota Salatiga yaitu apabila Notaris mengajukan cuti dan ternyata meninggal dunia pada saat menjalankan cuti tersebut maka tugas jabatannya akan dijalankan oleh Notaris pengganti sebagai Pejabat Sementara Notaris paling lama 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal Notaris meninggal dunia. Notaris yang meninggal dunia sebelum cuti berakhir maka tugas jabatannya akan dijalankan oleh Notaris Pengganti sebagai Pejabat Sementara Notaris tanpa ada pelantikan sebagai Pejabat Sementara Notaris. Pejabat Sementara Notaris dapat melaksanakan apa yang menjadi kewenangannya dalam jangka waktu 30 hari terhitung sejak tanggal Notaris meninggal dunia serta dapat membuat akta atas namanya sendiri dan memiliki Protokol Notaris. Notaris penerima protokol tidak bertanggung jawab atas segala masalah yang timbul dari protokol yang diserahkan kepadanya. Notaris penerima protokol hanya dapat memberikan, memperlihatkan, atau memberitahukan isi akta, grosse akta, salinan akta atau kutipan akta kepada orang yang berkepentingan langsung pada akta, ahli waris, atau orang yang memperoleh hak, kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan. Penulisan tesis ini menggunakan penelitian hukum yuridis empiris yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat melalui wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung yang di maksutkan disini adalah penelitian terhadap identifikasi hukum, dan penelitian terhadap efektifitas hukum. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah membuat notaris pemberi protokol dan penerima protokol sama-sama dapat merasa bertanggung jawab dan juga sama-sama merasa aman dan tidak terbebani atas tanggungjawab yang di terimanya. Kata kunci : Notaris, Akta, Protokol Notaris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:40
Last Modified: 07 Jan 2022 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item