TESIS PENINGKATAN MUTU MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMK DIPONEGORO SEMARANG) TAHUN PELAJARAN 2020- 2021

Fallah, Muhamad Rizal (2021) TESIS PENINGKATAN MUTU MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMK DIPONEGORO SEMARANG) TAHUN PELAJARAN 2020- 2021. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
COVER.pdf

Download (383kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhamad Rizal Fallah : Peningkatan Mutu Materi dan Metode Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK Diponegoro Semarang) Tahun Pelajaran 2020-2021. Semarang: Program Magister Pendidikan Islam Universitas Islam Sultan Agung, 2021 Penelitian ini mencoba menjawab rumusan masalah dalam tesis ini yaitu: 1). Bagaimana perencanaan dalam upaya peningkatan mutu materi dan metode Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang. 2) Bagimana pelaksanaan peningkatan mutu materi dan metode di SMK Diponegoro Semarang. 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan peningkatan mutu materi dan metode Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang. Tujuan penelitian ini adalah: pertama; mengetahui perencanaan upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang. Kedua; mengetahui pelaksanaan materi dan metode Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang. Ketiga; mengetahui evaluasi pelaksananan peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. peneliti mengumpulkan data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikian kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini bahwa pertama; Perencanaan pelaksanaan pada peningkatan mutu materi dan metode Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu perencanaan RPP, penambahan materi Pendidikan Agama Islam dan penambahan jam pelajaran. Pada aspek ini guru tidak membuat rancangan instrument penilaianan pada awal semester. Kedua; pelaksanaan peningkatan mutu materi dan metode Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang sudah baik. Guru melaksananakan kegiatan belajar mengajar dikelas sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pengunaan variasi metode pembelajaran sudah efektif karena mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Ketiga; evaluasi pelaksanaan pada peningkatan mutu materi dan metode Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro Semarang dalam hal mengatasi problem yang menjadi kendala, kepala sekolah dan guru PAI memiliki solusi tersendiri dengan menerapkan kontol mutu (quality control) dengan upaya mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan peningkatan mutu. Perlu adanya Kerjasama antara kontrol mutu (quality control) dan penjaminan mutu (quality assurance) supaya mutu Pendidikan Agama Islam di SMK Diponegoro terpenuhi. Kata Kunci: Peningkatan Mutu, Mutu Pendidikan, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:35
Last Modified: 07 Jan 2022 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20827

Actions (login required)

View Item View Item