EFEKTIVITAS TANGGUNG JAWAB KEMENTRIAN ATR/BPN TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN LOKET ONLINE DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KENDAL

FITRIANI BACHTIAR, FARAHDIBA (2021) EFEKTIVITAS TANGGUNG JAWAB KEMENTRIAN ATR/BPN TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN LOKET ONLINE DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (902kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (386kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (325kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (778kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (455kB)

Abstract

Negara Indonesia dikenal akan kekayaan alamnya yang melimpah, tanah merupakan salah satu sumber daya Alam dan juga modal utama yang dimiliki oleh Indonesia untuk menunjang kekayaan alam tersebut. Pengurusan tanah di Indonesia diadakan oleh Badan Pertanahan Nasional. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk : (1) Menganalisis dan juga menjelaskan Badan Pertanahan Nasional mengubah layanan non online menjadi layanan online menjadi layanan online, (2) Menganalisis dan juga menjelakan bagaimana keefektifan tanggung jawab Pejabat Pembuat Akta Tanah didalam melaksanakan layanan loket online yang dibuat oleh ATR/BPN, (3) Menganalisis dan juga memberikan solusi terkait dengan permasalahan yang terjadi di Kantor Pertanahan Nasional. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris.Spesifikasi Penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data Hukum Primer , Data Hukum Sekunder. Metode Pengumpulan Data dengan menggunakan Studi kepustakaan dan Wawancara , Lokasi Penelitian di Kabupaten Kendal, Metode Analisa Data dengan menggunakan Logika Deduktif yang dilanjutkan dengan mengidentifikasi Bahasan Hukum, langkah yang terakhir adalah dengan melakukan interpretasi dan juga mengkonstruksi Bahan Hukum. Permasalahan penelitian dianalisis dengan Teori Kemanfaatan dan juga Teori Kepastian Hukum. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) Antrian yang panjang dan juga sulit dikendalikan membuat Kementrian Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional membuat layanan berbasis Komputer yang bertujuan untuk pelakasanaan Pengurusan mengenai Tanah. (2) Layanan Loket Online PERMATA yang dibuat oleh Kementrian Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal bisa dibilang belum cukup efektif dikarenakan menu terbatas server yang belum sepenuhnya sempurna. (3) kendala yang telah dihadapi oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional terkait dengan keefektivan terkait dengan sistem Layanan Loket Online Kementrian Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional di Kabupaten Kendal, salah satu kendalanya yaitu Kurang Kompetennya Sumber Daya Manusia, Kurangnya sosialisasi dan juga pelatihan kepada Pegawai ATR/BPN , maka solusinya adalah menambah Sumber Daya Manusia serta memberikan sosialisasi dan juga pelatihan kepada Sumber Dayanya. Kata Kunci :Kementrian ATR/BPN ; PPAT, Layanan Loket Online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:33
Last Modified: 07 Jan 2022 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item View Item