PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH PENGGANTI TANAH WAKAF YANG TERKENA JALAN TOL SOLO-NGAWI (Studi Pelaksanaan Pengadaan Tanah Pengganti Tanah Wakaf di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.)

IRWANSYAH, DARMIKO (2021) PELAKSANAAN PENGADAAN TANAH PENGGANTI TANAH WAKAF YANG TERKENA JALAN TOL SOLO-NGAWI (Studi Pelaksanaan Pengadaan Tanah Pengganti Tanah Wakaf di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (850kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (309kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (322kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (585kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (516kB)

Abstract

Pelaksanaan proyek pembangunan jalan tol terkait Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2012 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2005 tentang Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum. Ganti kerugian sekaligus menunjukkan adanya perlindungan dan penghormatan terhadap hak atas tanah dan kepentingan perseorangan yang telah dikorbankan untuk kepentingan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa: 1). Pelaksanaan pengadaan tanah pengganti tanah wakaf yang terkena jalan Tol Solo-Ngawi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali 2). Hambatan yang di hadapi dalam pelaksanaan pengadaan tanah pengganti tanah wakaf yang terkena jalan Tol Solo-Ngawi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. 3). Solusi untuk menyelesaikan hambatan yang di hadapi dalam Pelaksanaan pengadaan tanah pengganti tanah wakaf yang terkena jalan Tol Solo-Ngawi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, yaitu penelitian yang menitikberatkan perilaku individu atau masyarakat dalam kaitannya dengan hukum. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka, sedangkan metode analisis data dilakukan dengan analilis deskriptif kualitatif. Hasil hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan pengadaan tanah pengganti tanah wakaf yang terkena jalan tol Solo-Ngawi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolal yaitu tahap perencanaan, tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, Pengajuan Izin Tukar Guling Tanah Wakaf Ke Kanwil, tahapan penyerahan hasil, pengajuan Sertifikat Wakaf Ke BPN. 2). Hambatan yang di hadapi dalam pelaksanaan pengadaan tanah pengganti tanah wakaf yang terkena jalan Tol Solo-Ngawi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali yaitu terlambatnya izin, sebagian nazhir tanah wakaf sudah tidak ada atau telah meninggal, sulitnya mencari tanah pengganti yang sesuai dengan nilai dan luas tanah wakaf yang terkena pembangunan jalan tol. 3). Solusi untuk menyelesaikan hambatan yang di hadapi dalam pelaksanaan pengadaan tanah pengganti tanah wakaf yang terkena jalan tol Solo-Ngawi di Desa Dibal Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali yaitu pendataan lokasi untuk mempercepat penerbitan izin, segera mencari Nadzhir pengganti, mengutamakan musyawarah dan sosialisasi. Musyawarah mufakat adalah cara agar mendapatkan hasil yang adil untuk kedua belah pihak. Kata Kunci: Pengadaan Tanah, Kepentingan Umum, Tanah wakaf

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:33
Last Modified: 07 Jan 2022 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item