PELAKSANAAN PEMBAYARAN ZAKAT DAN PAJAK PENGHASILAN PROFESI NOTARIS DAN PPAT (STUDI COMPARATIVE LAW SISTEM PEMBAYARAN ZAKAT DAN PAJAK PENGHASILAN PROFESI)

ADRIANSYAH, ADE (2021) PELAKSANAAN PEMBAYARAN ZAKAT DAN PAJAK PENGHASILAN PROFESI NOTARIS DAN PPAT (STUDI COMPARATIVE LAW SISTEM PEMBAYARAN ZAKAT DAN PAJAK PENGHASILAN PROFESI). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (701kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (308kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (326kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (645kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (319kB)

Abstract

Sedikit masyarakat yang mencantumkan perhitungan zakat sebagai pengurang pajak penghasilan meskipun pemerintah sudah memfasilitasi. Secara umum, sistem pengelolaan zakat dan pajak ini belum mencerminkan akuntabilitas dan kreditabilitas. Kurangnya sosialisasi mengenai zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak adalah salah satu hambatan. Masyarakat kebingungan atas aturan yang wajib dipenuhi agar zakat dapat menjadi pengurang penghasilan kena pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem pembayaran zakat dan Pajak Penghasilan profesi Notaris dan PPAT, alasan sistem pembayaran zakat dan Pajak Penghasilan profesi Notaris dan PPAT belum mampu mengetaskan kemiskinan, pelaksanaan yang ideal dalam pembayaran zakat dan Pajak Penghasilan profesi Notaris dan PPAT dalam rangka pengentasan kemiskinan. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif. Spesifikasi penelitian ini merupakan penelitian dengan spesifikasi penguraian secara deskriptif analitis. Sumber data penelitian berupa data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka sebagai data utama dan wawancara sebagai data pendukung. Metode analisa data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan sistem pembayaran zakat dan pajak penghasilan profesi notaris dan PPAT belum mampu mengetaskan kemiskinan karena Lembaga amil zakat pemerintah dan swasta masih belum mampu mengumpulkan dana zakat dalam jumlah yang besar. Alasan sistem pembayaran zakat dan pajak penghasilan profesi notaris dan PPAT belum mampu mengetaskan kemiskinan adalah faktor religius dan faktor non religius. Idealnya pelaksanaan pembayaran zakat dan pajak penghasilan profesi notaris dan PPAT dalam rangka pengentasan kemiskinan seperti di Negara Malaysia pajak yang telah dibayarkan oleh setiap individu dapat dikurangkan terhadap sejumlah nilai uang yang sebenarnya bukan merupakan pembayaran pajak. Kata Kunci: Zakat, Pajak Penghasilan, Hukum Komparatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:30
Last Modified: 07 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20747

Actions (login required)

View Item View Item