PENERAPAN DIVERSI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DALAM KONSTRUKSI PENEGAKAN HUKUM (Studi Kasus Laporan Polisi Nomor: 163/A/III/2020/Jabar/Res Crb Kota, tanggal 01 Maret 2020)

PRAMU APRILIYANTO, HERU (2021) PENERAPAN DIVERSI TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DALAM KONSTRUKSI PENEGAKAN HUKUM (Studi Kasus Laporan Polisi Nomor: 163/A/III/2020/Jabar/Res Crb Kota, tanggal 01 Maret 2020). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (802kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (405kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (413kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (867kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (649kB)

Abstract

Penanganan perkara tindak pidana terhadap anak atau dalam kategori anak tentunya beda dengan penanganan perkara terhadap tindak pidana usia dewasa, penanganan terhadap anak tersebut bersifat khusus karena itu diatur pula dalam peraturan tersendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisa penerapan diversi terhadap pelaku tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak dalam konstruksi penegakan hukum di Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon Kota. Untuk mengetahui dan menganalisa faktor apa saja yang menjadi hambatan penerapan diversi terhadap pelaku tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak dalam konstruksi penegakan hukum di Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon Kota beserta solusi dan hambatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan wawancara dengan Penyidik di Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon Kota Atas nama IPDA RUDIANA, S.H. Selaku KANIT IDIK I Sat Narkoba Polres Cirebon Kota. Hasil penelitian ini adalah Penerapan Diversi Terhadap Pelaku Tindak Pidana Narkotika Yang Dilakukan Oleh Anak Dalam Konstruksi Penegakan Hukum di Satuan Reserse Narkoba Polres Cirebon Kota tersebut diantaranya yaitu : a) Pelaksanaan diversi dilakukan oleh penyidik bersama pelaku/korban dan atau keluarganya, pembimbing kemasyarakatan, serta melibatkan tokoh masyarakat, Pelaksanaan diversi dilakukan dengan musyawarah atau mediasi yang menghasilkan kesepakatan diversi. b) Setelah Penyidik mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan maka Berita Acara, Kesepakatan Diversi serta Penetapan Ketua Pengadilan Negeri ditembuskan kepada Penuntut Umum sebagai dasar bagi Penuntut Umum untuk mengembalikan SPDP, sehingga perkara tersebut menjad iinkracht. Hambatan : a) Faktor Subtansi Hukum b) Faktor budaya hukum c) Faktor Masyarakat d) Faktor Penegak Hukum e) Faktor Sarana dan Prasarana RPK. Solusi : a) Menyusun rencana kerja dan memaksimalkan kinerja setiap penyidikdalam hal penanganan perkara anak. b) Menjalin Komunikasi yang Intensif dengan Aparat Penegak Hukum yang lainnya. c) Mengadakan Sosialisasi tentang Diversi di Kalangan Masyarakat d) Membuat Kesepakatan mengenai Pengawasan Pelaksanaan Hasil Kesepakatan Diversi. e) Mengoptimalkan sarana dan prasarana. Kata Kunci : Penerapan Diversi, Pelaku Tindak Pidana, Narkotika, Anak, Konstruksi Penegakan Hukum

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:28
Last Modified: 07 Jan 2022 06:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20697

Actions (login required)

View Item View Item