ANALISIS PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PEMILU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Kabupaten Banjarnegara Nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr )

WIBOWO AJI, ENDRO (2021) ANALISIS PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PEMILU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Kabupaten Banjarnegara Nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (487kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (388kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (388kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (752kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (639kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan umum merupakan wujud paling nyata sebagai pelaksana demokrasi, oleh karena itu harus dijaga dari semua pelanggaran pemilu diantaranya tindak pidana pemilu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penegakan hukum tindak pidana Pemilu ditinjau dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017; 2) Bagaimana penegakan hukum Perkara Nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr; 3) Apa kendala yang dihadapi saat penegakan hukum Perkara Nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr dan solusinya. Metode pendekatan yang digunakan Yuridis Sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif, dengan metode pengumpulan menggunakan metode wawancara dan kepustakaan. Analisis datanya secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan proses penegakkan hukum tindak pidana pemilu perkara nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr, sama seperti dengan proses penegakkan hukum tindak pidana umum lainnya dengan penerapan asas lex specialist derogat lex generali. Penegakan tindak pidana pemilu diatur dalam buku kelima UndangUndang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Perkara Nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr, merupakan temuan Bawaslu Kabupaten Banjarnegara dengan dakwaan Pasal 493 Jo Pasal 280 ayat (2) huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, pada kegiatan Meet The People tatap muka dengan masyarakat bersama Prof.Dr.H. Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Senin tanggal 29 Oktober 2019 dari pukul 19.00 Wib s/d 22.00 Wib bertempat di Golden Room Surya Yudha Park, Kelurahan Rejasa Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara dengan Terdakwa Hadi Suwarno selaku Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banjarnegara yang dihadiri oleh beberapa Kepala Desa. Perkara nomor 136/Pid.Sus/2018/PN Bnr majelis hakim memberikan putusan pelepasan dari segala tuntutan hukum (onslag van alle rechtsveronging) kepada terdakwa, karena salah satu unsur dakwaan tidak terpenuhi. Majelis hakim lebih melihat penegakan hukum dalam makna yang sempit atau formal artinya penegakan hukum itu hanya menyangkut penegakan peraturan yang formal dan tertulis saja. Berdasarkan wawancara yang dihimpun penulis kepada hakim. Kendala yang muncul di beberapa proses: 1) proses kajian, tidak ada upaya paksa klarifikasi para pihak dan penyitaan barang bukti; 2) ketidakhadiran ahli, untuk memberikan keyakinan kepada majelis hakim; 3) Celah hukum yang timbul terkait pendaftaran pelaksana kampanye pemilu berpotensi menimbulkan penyelundupan hukum; 4) Limitasi waktu. Untuk mengatasi kendala dilakukan dengan cara sebagai berikut: 1) Upaya paksa yang tidak dimiliki oleh Bawaslu Kabupaten Banjarnegara dapat diatasi pada saat pemeriksaan di Penyidik Kepolisian; 2) ketidakhadiran ahli keterangannya diberikan dalam bentuk alat bukti surat; 3) Celah hukum semoga ada perbaikan dalam Undang-Undang Pemilu; 4) limitasi waktu, pelibatan gakkumdu dari awal dugaan pelanggaran. Kata kunci : Hasil temuan, Penegakan, Tindak Pidana, Pemilu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:27
Last Modified: 07 Jan 2022 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item View Item