MEKANISME PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA LARANGAN PEMAKAIAN TANAH TANPA IZIN YANG BERHAK ATAU KUASANYA JO MEMASUKI PEKARANGAN TANPA IZIN (Studi Kasus di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I Resum)

ANAS RUDIYANTORO, DWI (2021) MEKANISME PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA LARANGAN PEMAKAIAN TANAH TANPA IZIN YANG BERHAK ATAU KUASANYA JO MEMASUKI PEKARANGAN TANPA IZIN (Studi Kasus di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I Resum). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (408kB)
[img] Text
publikasi.pdf

Download (718kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (415kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (738kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (637kB)

Abstract

Tanah dalam tradisi keluarga menjadi simbol hubungan luhur antara leluhur dengan pemiliknya (ahli waris), sebagai sarana dialog dengan para sesepuh atau leluhur (yang telah tiada), sebagai pertanda bahwa leluhur senantiasa hadir di tengah-tengah mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme penanganan perkara tindak pidana larangan pemakaian tanah tanpa izin yang berhak atau kuasanya jo memasuki pekarangan tanpa izin di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I. Untuk mengetahui dan menganalisis kendala penanganan perkara tindak pidana larangan pemakaian tanah tanpa IZIN yang berhak atau kuasanya jo memasuki pekarangan tanpa izin di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I. Untuk mengetahui dan menganalisis solusi untuk mengatasi kendala penanganan perkara tindak pidana larangan pemakaian tanah tanpa izin yang berhak atau kuasanya jo memasuki pekarangan tanpa izin di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan wawancara dengan penyidik Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I Resum yang kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan teori penegakan hukum dan teori perlindungan hukum. Hasil penelitian ini adalah Mekanisme penanganan perkara tindak pidana larangan pemakaian tanah tanpa izin yang berhak atau kuasanya jo memasuki pekarangan tanpa izin di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I berisi tentang tata cara dan prosedur penanganan, penghentian dan penyelesaian Laporan Polisi sampai ketingkat Pengadilan Negeri. Kendala yaitu: a) Personil penyidik kepolisian yang terbatas. b) Minimnya sarana dan fasilitas. c) Kurangnya ahlinya polisi dalam menangani kasus tindak pidana penyerobotan tanah. d) Kesulitan dalam memanggil saksi. e) Kesulitan mencari keterangan ahli. f) Pihak pelapor lama melakukan laporan ke polisi setelah terjadinya tindak pidana. Solusinya adalah a) Menambah personil tim penyidik di Satuan Reskrim Polres Cirebon Kota Unit I. b) Melakukan hubungan koordinasi antara Pihak Kepolisian Polres Cirebon Kota dengan Badan Pertanahan Nasional Kota Cirebon. c) Melakukan pencarian ahli waris dan mengunjungi domisili tempat tinggal saksi. Kata Kunci : Mekanisme, Tindak Pidana, Larangan Pemakaian Tanah Tanpa Izin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:27
Last Modified: 07 Jan 2022 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item