PELAKSANAAN DIVERSI TINDAK PIDANA PENCURIAN PELAKU ANAK DENGAN BENTUK SURAT DAKWAAN KUMULATIF (Studi Pada Pengadilan Negeri Wonosobo)

SUCAHYO, DANANG (2021) PELAKSANAAN DIVERSI TINDAK PIDANA PENCURIAN PELAKU ANAK DENGAN BENTUK SURAT DAKWAAN KUMULATIF (Studi Pada Pengadilan Negeri Wonosobo). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (594kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (352kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (380kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (569kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (579kB)

Abstract

Anak yang berhadapan dengan hukum mendapatkan perlindungan hukum berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012. Berdasarkan UndangUndang tersebut, penyelesaian perkara anak pelaku tindak pidana dilakukan dengan menggunakan pendekatan keadilan restoratif melalui diversi. Terdapat persyaratan untuk dapat dilakukan diversi. Diversi ini dilakukan demi kepentingan anak, dan menjauhkan anak dari stigma negatif dari masyarakat. Berdasarkan pada latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa permasalahan, yaitu pelaksanaan diversi dalam tindak pidana pencurian pelaku anak dengan bentuk surat dakwaan kumulatif pada Pengadilan Negeri Wonosobo, dan pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara tindak pidana pencurian pelaku anak dengan bentuk surat dakwan kumulatif pada Pengadilan Negeri Wonosobo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa mengenai pelaksanaan diversi dalam tindak pidana pencurian pelaku anak dengan bentuk surat dakwaan kumulatif pada Pengadilan Negeri Wonosobo, dan untuk mengkaji, mendeskripsikan dan menganalisis mengenai pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara tindak pidana pencurian pelaku anak dengan bentuk surat dakwan kumulatif pada Pengadilan Negeri Wonosobo. Hasil penelitian ini adalah : (1) pelaksanaan diversi dalam tindak pidana pencurian pelaku anak dengan bentuk surat dakwaan kumulatif pada Pengadilan Negeri Wonosobo sama dengan dakwaan-dakwaan yang lainnya, dan alasannya adalah demi kepentingan si anak. Pelaksanaannya, yaitu memanggil anak dan orang tua/wali atau pendampingnya, korban dan/atau orang tua/walinya, pembimbing kemasyarakatan, pekerja sosial profesional, perwakilan masyarakat, dan pihak-pihak terkait lainnya yang dipandang perlu untuk dilibatkan dalam musyawarah diversi; (2) pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara tindak pidana pencurian pelaku anak dengan bentuk surat dakwan kumulatif pada Pengadilan Negeri Wonosobo adalah demi kepentingan si anak, semua perkara dapat dilakukan diversi berapapun ancaman pidananya. Hal ini senada dengan hasil konsensus para Hakim tersertifikasi Sistem Peradilan Pidana Anak. Hasil kesepakatan konsensus tersebut bahwa semua perkara anak dapat diupayakan diversi, tidak memandang ancaman pidana. Ini adalah suatu terobosan pada Hakim tersertifikasi Sistem Peradilan Pidana Anak. Kata Kunci : Anak, Diversi, Pencurian, Surat Dakwaan Kumulatif, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:27
Last Modified: 07 Jan 2022 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item