PERAN HAKIM DALAM PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA ANAK MELALUI DIVERSI YANG BERKEADILAN (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang)

Sulchantifa Ulul Amri, Agra (2021) PERAN HAKIM DALAM PENANGANAN PERKARA TINDAK PIDANA ANAK MELALUI DIVERSI YANG BERKEADILAN (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Semarang). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (513kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (551kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (450kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (668kB)

Abstract

Diversi menjadi suatu hal yang penting dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam ranah tindak pidana secara restoratif justice. Yang terfokus terhadap suatu penyelesaian masalah tindak pidana yang dilakukan oleh anak. Dimana solusi tersebut menjadi suatu penyelesaian masalah yang berprikemanusiaan dibanding dengan jalan peradilan pidana anak. Sehingga menjadikan hakim berperan penting dalam penanganan tindak pidana anak yang diselesaikan secara diversi. Hal tersebut menambah peluang baik untuk dimunculkan sebagai langkah menghilangkan labeling buruk yang dapat diterima oleh terpidana anak sehingga tidak dicap sebagai penjahat dan berimbas pada kebutuhan sosial si anak dapat terbantu kedepannya, membantu memngembalikan mental anak yang sudah rusak, dan lain sebagainya. Sehingga hakim adalah acuan dari berjalannya diversi ini, maka perlu adanya suatu penelitian yang menelaah tentang peran hakim dalam penanganan tindak pidana anak secara diversi yang berkeadilan di pengadilan negeri Kota Semarang sebagai tempat sampel penelitiannya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dari fungsi dan peran hakim dari sebelum, pada saat berjalan, dan sesudah diversi dilaksanakan. Sehingga tujuan kongkrit dari penelitian ini yang menelaah peran hakim dalam penanganan tindak pidana anak secara diversi yang berkeadilan dapat terkupas secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis dimana bertujuan untuk memperoleh data primer, selain itu ada pula metode lain seperti deskriptif analisis, dan analisis kualitatif. Hal ini beretujuan sebagai cara dalam memperoleh informasi ataupun ilmu yang dapat ditulis dalam penelitian ini dimana pengadilan negeri Kota Semarang sebagai tempat yang dituju sebagai sampelnya. Penelitian ini berkesimpulan bahwa hakim berperan dalam berjalannya diversi karena hakim menjalankannya atas pertimbangan beberpa hal sebelumnya seperti pengetahuan karakter terdakwa anak, situasi, kondisi, pihak korban, serta menjalankan peraturan perundang – undangan sesuai dengan yang telah diatur di dalamnya, sehingga kebutuhan terdakwa anak kedepannya masih berpeluang besar dapat terpenuhi. Dimana hakim menjadi penentu dari tujuan diversi itu ada, yaitu menyingkirkan pemikiran pembalasan atas tindakan dengan menjatuhkan hukuman yang dialihkan dengan jalur berdamai untuk mengembalikan keadaan seperti semula. Kata Kunci: peran hakim, penanganan, tindak pidana anak, diversi, berkeadilan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:27
Last Modified: 07 Jan 2022 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item View Item