ANALISIS HUKUM PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA METROLOGI LEGAL, SUMBER DAYA AIR DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG YANG TIDAK BERSERTIFIKAT (Studi Perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/PN.Tjk)

R. AYU MIYA RATIH ARDHYA GARINI, R. AYU MIYA RATIH ARDHYA GARINI (2021) ANALISIS HUKUM PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA METROLOGI LEGAL, SUMBER DAYA AIR DAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG YANG TIDAK BERSERTIFIKAT (Studi Perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/PN.Tjk). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
cover.pdf

Download (816kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (424kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (605kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (818kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (539kB)

Abstract

Analisis Pertimbangan Hakim Terhadap Pelaku Tindak Pidana Metrologi Legal, Sumber Daya Air dan Perlindungan Konsumen dengan Menggunakan Alat Timbang yang Tidak Bersertifikat (Studi Perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/ PN.Tjk). Tesis: Program Magister (S2) Ilmu Hukum, Program Pascasarjana, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang. 2021 Tujuan Penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana metrologi legal, sumber daya air dan perlindungan konsumen dengan menggunakan alat timbang yang tidak bersertifikat dalam Perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/ PN.Tjk). 2) Untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang bisa dilakukan konsumen yang telah dirugikan oleh pelaku tindak pidana dalam perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/ PN.Tjk. Metode penelitian: Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder serat bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan bahan melaluli studi pustaka (library research), Wawancara, dokumen dan buku yang dapat memberikan informasi berkaitan dengan objek yang ingin diteliti. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis yuridis normatif kualitatif dengan menggunakan teori penanggulangan kejatan, teori pertimbangan hakim dan teori keadilan menurut Islam. Kesimpulan: 1) Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana metrologi legal, sumber daya air dan perlindungan konsumen dengan menggunakan alat timbang yang tidak bersertifikat dalam Perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/ PN.Tjk) dengan pertimbangan aspek yuridis, pertimbangan dari aspek filosofis, pertimbangan aspek sosiologis. 2) Upaya yang bisa dilakukan konsumen yang telah dirugikan oleh pelaku tindak pidana dalam Perkara Nomor 777/Pid.Sus/2020/ PN.Tjk meminta pelaku usaha memberikan ganti rugi atas kerusakan barang yang merugikan konsumen dapat berupa pengembalian uang atau penggantian barang yang sejenis atau setara nilainya, atau perawatan kesehatan dan/atau pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Tindak Pidana, Metrologi Legal, Sumber Daya Air, Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:24
Last Modified: 07 Jan 2022 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20653

Actions (login required)

View Item View Item