ANALISIS PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP MANDOR BERDASARKAN SKKNI TERHADAP KINERJA MANDOR PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KUDUS

MAULANA, RICKY EKO (2020) ANALISIS PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP MANDOR BERDASARKAN SKKNI TERHADAP KINERJA MANDOR PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (129kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (180kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (196kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Sumber daya manusia mempunyai peranan sangat penting untuk menentukan keberhasilan suatu proyek Konstruksi.. Salah satu Sumber daya manusia yang memegang peranan penting adalah mandor. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia yang disingkat SKKNI adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan persyaratan pekerjaan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku Pada kesempatan ini faktor yang akan di analisis terdiri dari pengetahuan, keterampilan dan sikap berdasarkan SKKNI terhadap kinerja mandor di proyek konstruksi di Kabupaten Kudus.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap mandor berdasarkan SKKNI terhadap kinerja mandor Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja Dan Trasmigrasi Republik Indonesia No. 340 tahun 2013. Analisis yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara sensus,sampel penelitian sebanyak 32 responden meliputi mandor konstruksi di Kudus. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan yang disebarkan kepada responden, dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dilakukan skala pengukuran dan pemberian skor. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, dari hasil kuesioner akan dilakukan uji validitas dan uji realibilitas. Tahap selanjutnya dilakukan uji deskriptif data, uji normalias dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel pengetahuan mempunyai nilai T hitung 4.290>T tabel 2.67 dan nilai sig 0.000 <0.05 Hal ini menunjukkan apabila pengetahuan mandor semakin tinggi maka kinerja mandor lebih berkualitas sesuai SKKNI. Variabel keterampilan mempunyai nilai T hitung -2.266<2.67 sig 0.031<0.05 artinya keterampilan mandor rendah, kinerja mandor kualitasnya semakin rendah. variabel sikap mempunyai nilai Nilai T hitung -.613< 2.67 dan nilai sig 0.545 >0.05 Hal ini membuktikan bahwa Variabel sikap tidak ada hubungan dengan kinerja mandor. Variabel pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kinerja mandor dengan nilai F hitung 15.734 >0.05 dan nilai sig 000<0,05, artinya variabel pengetahuan, keterampilan, dan sikap merupakan faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja mandor. Kata kunci: mandor, pengetahuan, keterampilan, sikap, kinerja, SKKNI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:36
Last Modified: 21 Oct 2021 07:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item View Item