HENDRAYANA, ADITYA (2020) ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (BLACK SPOT) DI KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (82kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (118kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (121kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (94kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (152kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
Abstract
Keselamatan lalu lintas merupakan salah satu bagian yang penting dalam rekayasa lalu lintas untuk mencapai tujuan teknik lalu lintas yang aman, nyaman dan ekonomis. Identifikasi penyebab kecelakaan yang dilakukan dapat mengurangi tingginya tingkat kecelakaan dalam berlalu lintas. Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan dalam penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui, menganalisa data dan menentukan lokasi titik rawan kecelakaan lalu lintas (black spot) pada ruas jalan di Kabupaten Jepara (2) Memberi alternatif penanganan pada lokasi titik rawan kecelakaan lalu lintas di (black spot) untuk mengurangi tingkat kecelakaan di Kabupaten Jepara. Penelitian ini dilakukan di jalan Kabupaten Jepara. Data primer yang digunakan meliputi geometrik, rambu lalu lintas, lokasi daerah rawan kecelakaan dan titik rawan kecelakaan. Data sekunder yang digunakan meliputi data spasial (berupa peta administrasi dan peta jaringan jalan), data kecelakaan, volume lalu lintas jalan, kemiringan medan jalan, data kapasitas jalan, dan penggunaan lahan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis Z-Score dan metode analisis Cusum (Cumulative Summary). Metode analisis Z-Score digunakan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan (black site), sedangkan metode analisis Cusum digunakan untuk mengidentifikasi titik rawan kecelakaan (black spot). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan (black site) lalu lintas dan titik rawan kecelakaan (black spot) lalu lintas antara lain : (a) Ruas jalan Lingkar Pecangaan (U-S) dengan nilai Z-Score sebesar 0,037,volume lalu lintas kendaraan dan kapasitas jalan sebesar 682S MP/jam. (b) Ruas jalan Mlonggo-Jepara dengan nilai Z-Score sebesar 0,014. Volume kendaraan dan kapasitas jalan, kapasitas jalan pada ruas jalan Raya Mlonggo-Jepara sebesar 4.726 SMP/Jam, dan volume kendaraan sebesar 1.268 kendaraan. (2) Ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan (black site) lalu lintas dan titik rawan kecelakaan lalu lintas (black spot) tinggi, dan sedang meliputi: rawan kecelakaaan tinggi pada Ruas jalan Mlonggo-Jepara di Persimpangan pertigaan depan Balai Desa Mambak dengan nilai 47,33. Sedangkan rawan kecelakaaan sedang Lingkar Pecangaan (U-S) di persimpangan 1 dengan nilai 26. Kata kunci: lalu lintas, titik rawan kecelakaan (black spot), Kabupaten Jepara
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20562 |
Actions (login required)
View Item |