STUDI PERAN KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDI KASUS PEMBANGUNAN JEMBATAN KALIGENTENG KECAMATAN KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN)

UTOMO, BUDI (2020) STUDI PERAN KONSULTAN MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA PELAKSANAAN PROYEK (STUDI KASUS PEMBANGUNAN JEMBATAN KALIGENTENG KECAMATAN KANDANGSERANG KABUPATEN PEKALONGAN). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (355kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (47kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (29kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (57kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Pada tahap awal tugas sebuah konsultan secara umum adalah menerjemahkan keinginan dan kebutuhan klien dengan mendampingi konsultan perencana dalam proses desain yang dituangkan ke dalam dokumen gambar, perhitungan,dan dokumen pendukung lainnya. Pada proyek Pembangunan Jembatan Kaligenteng di Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan telah terjadi keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan. Sesuai dokumen kontrak, lama pekerjaan ini adalah 210 hari hari kalender sampai SPK di tanda tangani tinggal 154 hari kalender. Menurut perencanaan awal seharusnya pekerjaan ini dapat selesai lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan karena melibatkan konsultan manajemen konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan konsultan manajemen konstruksi pada tahap perencanaan, tahap perancangan, tahap pelelangan, tahap pelaksanaan sampai dengan tahap sesudah pelaksanaan proyek pembangunan Jembatan Kaligenteng. Secara lebih rinci tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui variabel apakah yang berpengaruh terhadap kinerja konsultan manajemen konstruksi pada proyek pembangunan Jembatan Kaligenteng dan (2) Merumuskan strategi dalam rangka untuk meningkatkan peran nyata konsultan manajemen konstruksi melalui keterlibatannya pada setiap tahap kegiatan proyek. Obyek yang menjadi sasaran dalam melakukan penelitian adalah konsultan manajemen konstruksi. Dari hasil kuesioner responden dianalisa untuk menemukan faktor apa sajakah yang menjadi faktor-faktor penentu pentingnya peran konsultan manajemen konstruksi pada proyek konstruksi. Data-data yang digunakan adalah data primer, yang merupakan data langsung dari hasil pengamatan atau penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap peran konsultan manajemen konstruksi adalah variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase pelelangan konsultan perencana (X1), variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase perencanaan hasil pekerjaan (X5) dan variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase pembangunan fisik kontraktor (X8). Besarnya nilai koefisien regresi masing-masing variabel yaitu variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase pelelangan konsultan perencana (X1) sebesar 0,201, variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase perencanaan hasil pekerjaan (X5) sebesar 0,339 dan variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase pembangunan fisik kontraktor (X8) sebesar 0,360. Berdasarkan besarnya nilai koefisien regresi maka variabel yang berpengaruh paling signifikan terhadap peran konsultan manajemen konstruksi adalah variabel tingkat keterlibatan konsultan MK pada fase pembangunan fisik kontraktor (X8) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,360. Kata Kunci: Peran konsultan manajemen konstruksi, , uji statistic F, uji statistic t, pembangunan Jembatan Kaligentang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:57
Last Modified: 18 Oct 2021 07:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20527

Actions (login required)

View Item View Item