Suprawikno, Suprawikno (2020) KONTROL POSISI PID PADA ELECTRIC POWER STEERING (EPS) DENGAN METODE ZIEGLER NICHOLS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
cover.pdf Download (603kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (603kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (604kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (611kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (605kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (616kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
|
Text
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
Abstract
Hal yang berpengaruh di dalam kinerja electric power steering (EPS) adalah kurangnya kestabilan dan kenyamanan dalam pengemudian, permasalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor kemudi, getaran roda akibat dari kondisi jalan yang tidak rata dan lain-lain, oleh sebab itu dibutuhkan pengontrol pada kemudi tersebut. Dalam hal ini akan digunakan kontrol proportional-integral-derivatif (PID) untuk pengontrolnya. EPS dengan kontrol PID akan dibandingkan dengan EPS tanpa kontrol PID yang bertujuan untuk diamati dan dibandingkan hasil respon keluaran sudut posisi dari sistem EPS tersebut. Pemodelan pada sistem EPS dihasilkan persamaan state space orde 6x6 dengan salah satu keluaran sudut motor yang akan dikontrol dengan pengontrol PID dan penggunakan aplikasi MATLAB sebagai simulasi dari sistem EPS. Simulasi dilakukan dalam dua tahap yaitu simulasi sistem EPS tanpa pengontrol dan simulasi sistem EPS digunakan pengontrol PID. Terbukti bahwa penggunaan kontrol PID pada EPS berhasil dalam pengendalikan posisi. Pada nilai Kp = 12, Ki =16,86 dan Kd=6 dan input step = 1 diperoleh respon keluaran : overshoot sebesar 0,11 %, rise time sebesar 0,021 dt, dan settling time 0.846 detik sedangkan pada sistem EPS tanpa pengontrol dihasilkan bahwa respon keluaran tidak dapat tercapainya nilai referensi. Kata kunci: Electric power steering (EPS), Proportional-integral-derivatif (PID), Simulasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Teknik elektro |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20522 |
Actions (login required)
View Item |