ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BATANG NOMOR: 4/PID.SUS/2018/PN BTG TENTANG TINDAK PIDANA PENCABULAN MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM

PRASETIYO, BAGUS LANGGENG (2020) ANALISIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI BATANG NOMOR: 4/PID.SUS/2018/PN BTG TENTANG TINDAK PIDANA PENCABULAN MENURUT HUKUM PIDANA ISLAM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (351kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (772kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Dalam kasus kejahatan seksual dimana anak sebagai korban, bisa saja korban tersebut menjadi faktor pendorong terjadinya suatu tindak pidana. Misalnya saja kita katakan dewasa ini pergaulan sudah semakin luas, anak-anak sudah dibiarkan bebas dalam hal pergaulan dan kurangnya pengawasan orang tua mereka, meraka dibebaskan bergaul dengan siapa saja, pergi kemana saja. Maka, dengan kepolosan mereka tersebut, mereka bisa terperangkap dalam salah pergaulan dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak atau orang dewasa yang tidak bertanggung jawab. Dalam keadaan demikian, masyarakat, aparat penegak hukum bahkan Negara haruslah lebih memperkirakan mengenai perlindungan dan pengawasan terhadap anak, terlebih lagi dimana anak sebagai suatu korban tindak pidana kejahatan seksual sungguh amat memperhatikan dan dapat merusak sebagian masa depan dari calon penerus bangsa. Oleh karena itu maka penulis tertarik menulis tesis ini dengan judul "Analisis Putusan Pengadilan Negeri Batang Nomor 4/Pid.Sus/2018/PN Btg Tentang Tindak Pidana Pencabulan Menurut Hukum Pidana Islam". Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan Pendekatan yuridis normatif. Metode pengumpulan data dengan studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Metode analisis secara kualitatif. Di akhir penelitian penulis simpulkan bahwa penulis berpendapat bahwa pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan pidana terhadap Terdakwa dalam Putusan Nomor 4/Pid.Sus/2018/PN.Btg telah sesuai, yaitu telah memperhatikan unsur-unsur pidana perkara tersebut. setelah melihat hukum syari’at Islam menurut penulis itu masih kurang dan tidak sepadan dengan hukuman hadd. Sehingga hasil daripada putusan hakim tersebut menurut penulis tidak dapat berlaku adil bagi terdakwa dan korban. Kata kunci : Kajian Yuridis, Tindak Pidana Pencabulan, Hukum Pidana Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:21
Last Modified: 21 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item