IMPLEMENTASI SYARAT TERPENUHINYA UNSUR-UNSUR DALAM TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Blora)

Beno, Beno (2020) IMPLEMENTASI SYARAT TERPENUHINYA UNSUR-UNSUR DALAM TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Blora). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (298kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (427kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penerapan hukum pidana materiil terhadap kasus pembunuhan berencana ini yakni Pasal 340 KUHP telah sesuai dengan fakta-fakta hukum baik keterangan para sanksi, keterangan ahli dan keterangan terdakwa, Hanya saja Pertimbangan hukum yang dijatuhkan oleh hakim terhadap terdakwa dalam kasus tersebut untuk sebagian telah sesuai dengan teori hukum pemidanaan tetapi untuk bagian lainnya masih terdapat kelemahan yaitu dalam menjatuhkan sanksi pidana hakim harus mempertimbangkan hal-hal yang meringankan dan yang memberatkan bagi para terdakwa. Tidak lazim dalam suatu putusan tidak mencantumkan pertimbangan menyangkut hal-hal yang meringankan terdakwa, dimana dalam perkara ini hanya hal-hal yang memberatkan yang menjadi dasar pertimbangan hakim dan yang lebih diutamakan lagi unsur perbuatan tindak pidana pembunuhan harus dibuktikan pula adanya pemenuhan unsur syarat adanya perencanaan dalam tindak pidana pembunuhan berencana. Karena syarat perencanaan bisa terbukti dalam penentuan tindak pidana pembunuhan tersebut telah terencana atau tidak yang mana berpengaruh terhadap hukuman yang akan diberikan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis: (1) implementasi syarat terpenuhinya unsur-unsur dalam tindak pidana pembunuhan berencana, (2) pertimbangan hakim dalam memutus perkara pembunuhan berencana di Pengadilan Blora, (3) kendala-kendala dalam memutuskan perkara tindak pidana pembunuhan berencana di Pengadilan Blora. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari lapangan, dan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Mengacu pada isi ketentuan yang terdapat dalam Pasal 340 KUHP ditentukan adanya unsur-unsur dari kejahatan pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja dan berencana. (2) Dalam contoh kasus tindak pidana pembunuhan berencana pada putusan perkara nomor 95/Pid.B/2019/PN Bla, hakim menimbang berbagai unsur yang melekat pada terpenuhinya perencanaan dalam tindak pidana pembunuhan. Hakim menimbang berdasarkan materi unsur yang ada pada Pasal pembunuhan berencana dan berdasarkan teori-teori yang dikemukakan oleh pakar hukum pidana. (3) Kendala-kendala hakim dalam mengadili pelaku tindak pidana pembunuhan berencana berasal dari faktor internal maupun eksternal. Kata Kunci: Unsur-Unsur, Tindak Pidana, Pembunuhan Berencana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:41
Last Modified: 21 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item