UPAYA PENANGGULANGAN DAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENGGELAPAN MOBIL RENTAL (Rent Car) DI KEPOLISIAN RESOR KOTA BESAR SEMARANG (Studi Kasus Nomor Bp / 87 / K / Bap / VII / 2018 / Reskrim tanggal 6 juni 2018)

ILLAHI, INSAN ALHAZA ZUNA DARMA (2020) UPAYA PENANGGULANGAN DAN PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENGGELAPAN MOBIL RENTAL (Rent Car) DI KEPOLISIAN RESOR KOTA BESAR SEMARANG (Studi Kasus Nomor Bp / 87 / K / Bap / VII / 2018 / Reskrim tanggal 6 juni 2018). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (771kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (512kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (491kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan upaya penanggulangan dan penegakan hukum terhadap tindak pidana penggelapan mobil rental di Kepolisian Resor Kota Besar Semarang pada perkara Nomor : Bp / 87 / K / Bap / VII / 2018 / Reskrim tanggal 6 juni 2018, untuk memberikan bahan pengetahuan atau kontribusi kepada pengusaha rental mobil dan Kepolisian Resor Kota Besar Semarang dalam penanggulangan dan penegakan hukm terhadap tindak pidana penggelapan mobil rental di kota Semarang, serta untuk mengetahui dan menerangkan kendala-kendala dan menemukan solusi dalam upaya penanggulangan dan penegakan hukm terhadap tindak pidana penggelapan mobil rental di Kepolisian Resor Kota Besar Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatanYuridis Empiris atau penelitian hukum Sosiologis dengan spesifikasi studi kasus penggelapan mobil di Kota Semarang. Data dikumpulkan dari dokumen berkas perkara Nomor : Bp / 87 / K / Bap / VII / 2018 / Reskrim tanggal 6 juni 2018 dan wawancara dengan Penyidik Pembantu Unit I Resum Sat Reskrim Kepolisian Resor Kota Besar Semarang untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif, kemudian disimpulkan. Permasalahan didalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori penegakan hukum dan teori keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penegakan hukum sering dilakukan oleh Kepolisian Resor Kota Besar Semarang terhadap tindak pidana penggelapan mobil rental, adapun faktor yang menjadi sebab belum dilakukannya penegakan hukum karena adanya batasan didalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana dan dilakukannya delik aduan terlebih dahulu, maka dari itu upaya yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Resor Kota Besar Semarang dapat dibagi menjadi tiga yaitu upaya pre-emtif, preventif, dan represif, upaya ini terkadang mengalami kendala seperti sulitnya memberi pengertian kepada masyarakat, mobil yang disewakan merupakan mobil kredit, mudah menyerahkan unit kendaraan kepada konsumen. Kata kunci : penanggulangan, penegakan hukum, penggelapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:21
Last Modified: 14 Oct 2021 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20450

Actions (login required)

View Item View Item