TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP RECIDIVE PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I (Studi Di Pengadilan Negeri Semarang)

Erlangga, Feriyan (2020) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP RECIDIVE PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA GOLONGAN I (Studi Di Pengadilan Negeri Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (508kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (56kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (67kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (124kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika oleh masyarakat saat ini menjadi perhatian berbagai kalangan yang terus menerus dibicarakan dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan menjadi perhatian seluruh dunia. Penyalahgunaan narkotika yang dilakukan individu merupakan suatu penyimpangan atau perbuatan melawan hukum, sangat disayangkan sekali apabila seseorang telah mengalami pengulangan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I (residivis) bahkan dapat menjadi pecandu. Adapun permasalahan yang menjadi dasar acuan dalam penulisan hukum/skripsi ini adalah apakah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I mengulangi lagi perbuatan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I, apakah yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap residivis pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I di Pengadilan Negeri Semarang, dan apakah hambatan-hambatan yang dihadapi hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap residivis pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I di Pengadilan Negeri Semarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan masalah melalui pendekatan yuridis sosiologis dan yuridis empiris dengan data primer dan data sekunder dimana masing-masing data diperoleh dari penelitian kepustakaan dan dilapangan. Analisis data dideskripsikan dalam bentuk uraian kalimat dan dianalisis secara kualitatif, kemudian untuk selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I mengulangi lagi perbuatan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor individu dan faktor psikologis. Faktor eksternal terdiri dari faktor lingkungan, faktor Pendidikan, faktor agama, dan faktor sosial. Dan dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap residivis pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I terlebih dahulu hakim mempertimbangkan dari aspek yuridis dan aspek non yuridis. Serta dalam menjatuhkan putusan sejauh ini tidak ada hambatan atau kesulitan bagi seorang hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap recidive pelaku penyalahgunaan narkotika golongan I di Pengadilan Negeri Semarang. Saran terhadap pemberian sanksi pidana atau pemidanaan terhadap pelaku residivis penyalahgunaan narkotika golongan I yaitu hakim haruslah bersikap tegas dan bijaksana dalam menjatuhkan putusan yang bernilai keadilan berdasarkan Undang-Undang yang berlaku. Sehingga nantinya putusan hakim tersebut mencerminkan rasa keadilan bagi masyarakat Indonesia khususnya di wilayah kota semarang. Kata Kunci : Pemidanaan, Residivis, Penyalahgunaan Narkotika Golongan I

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:02
Last Modified: 21 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item