TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA WANITA DI KABUPATEN REMBANG (Studi Analisis di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Rembang)

Naufal, Helmi (2020) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA WANITA DI KABUPATEN REMBANG (Studi Analisis di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Rembang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (852kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (851kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (851kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (851kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (879kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)

Abstract

Pengertian pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Bagi pekerja perempuan yang belum berkeluarga, masalah yang timbul pasti berbeda dengan yang sudah berkeluarga yang sifatnya lebih subjektif, meski secara umum dari kondisi objektif tidak ada perbedaan-perbedaan. Perhatian yang benar bagi pemerintah dan masyarakat terhadap pekerja atau buruh perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan perlindungan yang dilakukan pemerintah dalam melindungi tenaga kerja wanita di Kabupaten Rembang, untuk mengetahui dan menganalisis kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan perlindungan yang dilakukan pemerintah pada tenaga kerja wanita di Kabupaten Rembang, untuk mengetahui dan menganalisis solusi yang harus dilakukan pemerintah Kabupaten Rembang untuk mengatasi hambatan terkait pelaksanaan perlindungan tenaga kerja wanita di Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan penelitian adalah pendekatan secara yuridis sosiologis. Adapun sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan wawancara. Dan data skunder diperoleh dari studi pustaka. Hasil penelitian penulis mendapatkan jawaban dari rumusan permasalahan adalah pelaksanaan perlindungan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Rembang sudah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang ketenagakerjaan, Kendala yang ditemui oleh Pemerintah Kabupaten Rembang dalam pelaksanaan pengawasan dan perlindungan tenaga kerja wanita diantaranya adalah kendala yang dikarenakan perusahaan tidak terbuka dengan data pekerja wanita, dan waktu pekerjaan tenaga kerja perempuan yang sama dengan waktu pekerjaan tenaga laki-laki. Solusi yang dilakukan untuk menjawab kendala pelaksanaan pengawasan dan perlindungan tenaga kerja wanita adalah menambah sumber daya manusia (SDM) di dinas Tenaga Kerja Kabupaten Rembang. Kata Kunci : Perlindungan, Tenaga Kerja, Wanita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:47
Last Modified: 07 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20381

Actions (login required)

View Item View Item