PRAPERADILAN HUBUNGANNYA DENGAN ASAS PERADILAN SEDERHANA,CEPAT,DAN BIAYA RINGAN ( Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kudus)

LAFINDA, IMANTAKA ADHI NUR (2020) PRAPERADILAN HUBUNGANNYA DENGAN ASAS PERADILAN SEDERHANA,CEPAT,DAN BIAYA RINGAN ( Studi Kasus di Pengadilan Negeri Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (814kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (333kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (604kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (541kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (481kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Salah satu proses penegakan hukum yang saat ini menjadi perhatian masyarakat, yaitu mengenai Praperadilan. Keberadaan praperadilan ini sebenarnya berguna sebagai alat instropeksi bagi aparat penegak hukum, khususnya pihak kepolisian dan kejaksaaan di dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga yang memiliki kewenangan melakukan penyidikan dan penuntuan suatu tindak pidana. Pada saat pelaksanaan praperadilan saat belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga mengakibatkan dilanggarnya ketentuan yang hubungannya dengan asas peradilan yang sederhana,cepat,dan biaya ringan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif. Metode yuridis normatif merupakan sutu penelitian yang bersifat deduktif. Bahan-bahan hukum yang digunakan antara lain bahan hukum primer yang mencakup peeraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder yaitu bahan pustaka yang berisikan informasi tentang bahan primer terdiri penjelasan undang-undang, Kitab undang-undang hukum pidana, literatur-literatur dan kajian akademis. Metode pendekatan yurudis normatif bertujuan untuk mengetahui tentang (1)Bagaimana eksistensi praperadilan dalam sistem hukum acara pidana di Pengadilan Negeri?,(2)Bagaimana pertimbangan hakim dalam putusan praperadilan di pengadilan negeri?,(3)Bagimana praperadilan hubungannya dengan asas peradilan sederhana,cepat,dan biaya ringan?. Penulis menyimpulkan bahwa praperadilan merupakan kewenangan yang hanya ada di pengadilan negeri yang mempunyai tujuan untuk memberikan perlindungan hak asasi terhadap tersangka.Permohonan praperadilan hanya dapat dimohonkan kepada pihak - pihak yang terkait.Bentuk putusanya praperadilan bersifat sederhana. Putusan praperadilan berupa penetapan. Praperadilan dalam pelaksanannya menggunakan acara cepat pada saat ini pelaksanaan praperadilan belum berjalan secara efektiv sesuai dengan ketentuan hubungannya dengan asas peradilan sederhana,cepat,dan biaya ringan karena adanya beberapa hambatan. Kata Kunci :Asas peradilan sederhana,cepat,dan biaya ringan, Hubungan, praperadilan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:47
Last Modified: 07 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item View Item