TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN WARALABA ANTARA MINIMARKET PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA (ALFAMART) DENGAN CV. ALPEN MEDIACOM (STUDI KASUS DI ALFAMART JL.WONOSARI KM 12 SEMARANG)

PRABOWO, JAFAR (2020) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN WARALABA ANTARA MINIMARKET PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA (ALFAMART) DENGAN CV. ALPEN MEDIACOM (STUDI KASUS DI ALFAMART JL.WONOSARI KM 12 SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (827kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (352kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (341kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (8MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Indonesia saat ini sedang didominasi oleh perdagangan barang dan jasa. Salah satu bentuk usaha yang sering penulis jumpai adalah Waralaba. Waralaba merupakan perjanjian yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan atau menggunakan hak intelektual dari pihak lain melalui sebuah perjanjian. Bentuk usaha ini mulai diminati oleh para pengusaha retail, karena sudah memiliki ciri khusus serta sudah memiliki merek di masyarakat. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui secara detail proses pelaksanaan perjanjian waralaba antara PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan CV. Alpen Mediacom dan permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian waralaba serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis spesifikasi yang digunakan adalah deskritif, metode pengumpulan data primer yaitu Wawancara, Metode pengumpulan data sekunder yaitu studi pustaka, metode analisa data yaitu kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa, proses pelaksanaan waralaba yang dilakukan antara PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan Cv. Alpen Mediacom yang sedikit rumit. Pihak pemberi waralaba tidak memperbolehkan setiap orang untuk melakukan kerjasama. Pemberi waralaba memberi syarat bahwa setiap mitranya harus perusahaan yang berbadan hukum dan bewarganegara Indonesia. Dalam pelaksanaanya pihak penerima maupun pemberi waralaba harus mendaftarkan usahanya serta wajib memiliki surat tanda pendaftaran waralaba (STPW). Permasalahan yang timbul dari perjanjian ini adalah penerima waralaba harus memiliki izin dari pemkot Semarang, namun pemberian izin yang sedikit sulit dapat menghambat pendirian gerai alfamart. Serta beban biaya peralatan, perbaikan dan asuransi hanya ditanggung oleh pihak alfamart. Solusi yang dapat diambil adalah pemerintah lebih jeli dalam membatasi pendirian Alfamart, dan pihak pemberi waralaba sebaiknya ikut membantu dalam hal beban biaya yang hanya ditanggung oleh Penerima Waralaba. Kata kunci : Pelaksanaan, Waralaba, PT. Sumber Alfaria Trijaya, CV. Alpen Mediacom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:56
Last Modified: 07 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item View Item