TINJAUAN YURIDIS TENTANGPELAKSANAAN PERWAKAFAN TANAH DIKECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL BERDASRKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF

Aristhia, Lintang Febby (2020) TINJAUAN YURIDIS TENTANGPELAKSANAAN PERWAKAFAN TANAH DIKECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL BERDASRKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (302kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (106kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (119kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)

Abstract

Wakaf merupakan salah satu perbuatan hukum seseorang atau badan hukum yang memisahkan seperoh dari harta kekayaan yang dimiliki Wakif, baik berupa tanah, uang, dan lain-lain, yang penggunaanya dan pelaksanaanya diatur dalam Undang-Undang 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Sebelum lahirnya Undang-Undang tersebut pelaksanaan serta pengelolaan perwakafan tanah masih sangat sederhana dan tidak terprosedur dengan baik, akan tetapi setelah lahirnya Undang-Undang tersbut pelaksanaans serta pengelolaanya sudah terprosedur dengan baik. Disamping itu Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 ini terdengar asing bagi masyarakat dan hal ini menimbulkan pelaksanaan, pendaftaranya serta pengelolaanya Wakaf jauh dari ketentuan hukum yang sudah berlaku. Maka dari itu penulis memiliki tujuan dalam penulisan skripsi ini untuk mengetahi apakah pelaksanaan serta pengelolaan Perwakafan Tanah di Kec Bojong Kabupaten Tegal sudah berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf atau belum. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah pendekatan yurudis normative, dalam penelitian ini dilakukan melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pemecahan masalah. Bahan hukum yang diperoleh sebagian besar dari Undang-undang , peraturan pemerintah, serta pendapat para ahli dan hasil penelitian yang didapat melalui studi lapangan dan kepustakaan. Dari hasil penelitian ini adalah menunujukan bahwa pelaksanaannya m,asih sangat jauh dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf, dan dalam pelaksanaanya disini masih menggunakan peraturan yang lama karena belum tersosialaisasikannya dengan baik Undang_undang yang berlaku padamasyarakat. Dan dalam pengelolaanya sebagian besar mengarah pada sarana peribafahan dan jarang untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar.Serta ada kendala yang dihadapi dalam permasalahan ini yaitu dalam bukti kepemilikan tanah yang sulit dipecahkan karena kurang terprosedurnya bukti-bukti kepemilikan dari awal sampai akhir tanahn tersebut diperjual belikan. Kata kunci : Wakaf, Tanah, Pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:54
Last Modified: 07 Oct 2021 07:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

View Item View Item