PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS DI PT. BARAKA SARANA TAMA EKSPRES CABANG BOGOR)

Pratama, Nanda Afnendy (2020) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG (STUDI KASUS DI PT. BARAKA SARANA TAMA EKSPRES CABANG BOGOR). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (460kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Studi Kasus Pengguna Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Di PT. Baraka Sarana TamaEkspress Cabang Bogor” hasil penelitian skripsi yang dimaksudkan untuk mengetahui tentang perlindungan hukum terhadap konsumen dan tanggung jawab PT. Baraka Ekspress Cabang Bogor atas barang – barang titipan yang mengalami kehilangan, kerusakan, maupun keterlambatan. Berdasarkan uraian yang terdapat dalam skripsi ini, permasalahan yang akan diteliti yaitu: 1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap pengguna jasa pengiriman barang di PT Baraka Sarana tama?. 2) Jaminan apa yang diberikan PT Baraka Sarana Tama setelah terjadinya kehilangan, kerusakan atau keterlambatan ? 3) Bagaimana pelaksanaan ganti rugi dan klaim yang diajukan oleh pengguna jasa atas kerugian yang terjadi ? Tujuan penelitian ini yaitu :1) Perlindungan hukum terhadap pengguna jasa pengiriman barang di PT. Baraka Sarana Tama Cabang Bogor diwujudkan dalam bentuk tanggung jawab PT Barak Sarana Tama, terhadap kerusakan dan kehilangan barang titipan yang disebabkan oleh kesalahan atau keteledoran pihak perusahaan sesuai dengan pasal 88 KUHD. Adapun terhadap resiko yang dikarenakan kehilangan atau kerusakan akibat huru hara, perampokan, penjarahan, kecelakaan lalu lintas serta akibat bencana alam (force majeur), maka menunjukan tidak ada perlindungan hukum terhadap konsumen. 2) Jaminan yang diberikan PT Baraka Sarana Tama setelah terjadinya kehilangan, kerusakan atau keterlambatan yaitu berupa ganti kerugian. PT baraka sarana tama menjamin barang titipan yang diasuransikan Sedangkan untuk barang yang sebelumnya tidak diasuransikan pihak perusahaan tetap akan menjamin barang titipan dari konsumen apabila terjadi kehilangan ataupun kerusakan yang diakibatkan oleh pihak perusahaan. Namun untuk jaminan ganti kerugian terhadap barang titipan yang hilang atau rusak yang disebabkan oleh pihak perusahaan berbeda dengan barang titipan yang diasuransikan. Sedangkan untuk keterlambatan PT. Baraka Sarana Tama tidak bertanggung jawab untuk memberikan ganti rugi dalam pelaksanaan pengirim barang dan juga tidak menjamin ketetapan waktu pengiriman atau penyerahan yang dikehendaki oleh pengirim. 3) Pelaksanaan ganti rugi dan klaim yang diajukan oleh pengguna jasa atas kerugian yang terjadi karena adanya unsur kesalahan atau kelalaian yang dilakukan oleh pihak perusahaan jasa pengiriman barang dalam pelaksanaan pengiriman barang titipan. Pengajuan klaim ganti kerugian di PT. Baraka Sarana Tama terdiri dari dua jenis yaitu Pengajuan klaim atas kehilangan barang dan Pengajuan klaim karena kerusakan barang. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuan klaim ganti kerugian. Kata Kunci : Perlindungan konsumen, Tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:10
Last Modified: 11 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20346

Actions (login required)

View Item View Item