PENYELESAIAN SENGKETA BIDANG TANAH HAK MILIK NO. 2988 DAN HAK MILIK NO. 2997 DESA SUKOHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI MELALUI MEDIASI

Mawarti, Putri (2020) PENYELESAIAN SENGKETA BIDANG TANAH HAK MILIK NO. 2988 DAN HAK MILIK NO. 2997 DESA SUKOHARJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI MELALUI MEDIASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (372kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (282kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (415kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat tanah merupakan benda yang sangat dibutuhkan baik untuk hunian atau transaksi bisnis, berkaitan dengan tanah ini kadang sering menimbulkan perselisihan salah satunya masalah batas tanah yang mengakibatkan timbulnya sengketa. Sengketa dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya perluasan tanah yang dilakukan secara sepihak dan merugikan pihak lain. Penyelesaian sengketa bisa dilakukan melalui pengadilan maupun instansi (dalam hal ini diselesaikan di Kantor Pertanahan Kabupaten Pati). Berdasarkan hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian, adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses penyelesaian sengketa melalui mediasi dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang di hadapi dalam proses mediasi. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk menemukan jawaban atas permasalahan yang diangkat yaitu metode pendekatan yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer dengan menggunakan bahan hukum sekunder dan bahan hukum primer. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kepustakaan, studi dokumen dan wawancara, kemudian menganalisis data dengan metode deskriptif analisis. Hasil Penelitian yang didapat oleh penulis yaitu bahwa pada saat proses mediasi kedua belah pihak dipanggil untuk melakukan proses mediasi, kemudian pelaksanaan mediasi dicatat dan hasil hasil pelaksanaan mediasi dituangkan dalam berita acara mediasi. Berita acara mediasi kemudian diberikan oleh para pihak. Pada proses mediasi tersebut kedua belah pihak berakhir dengan damai dan solusi yang diberikan mediator adalah bangunan hak milik no. 2988 dijadikan tanda pembatas. Hambatan yang di dapat dalam proses mediasi adalah tidakadanya kwitansi, para pihak bersikukuh dengan pendapat masing-masing, dan tanda pembatas tanah tidak ada. Kata kunci : Tanah, Sengketa, Hak Milik, dan Mediasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:01
Last Modified: 11 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item View Item