PERJANJIAN KERJASAMA PENYEDIAAN LAYANAN PENGINAPAN PT. OYO ROOMS INDONESIA DENGAN WISMA TIARA

Pratiwi, Tiara Cindy (2020) PERJANJIAN KERJASAMA PENYEDIAAN LAYANAN PENGINAPAN PT. OYO ROOMS INDONESIA DENGAN WISMA TIARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Cover.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (667kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Teknologi dan informasi melalui aplikasi mempermudah antara konsumen dan pemilik usaha untuk mencapai kebutuhan yang diinginkan. Dalam hal ini Wisma Tiara bekerja sama dengan PT. On Your Own (Penulis disingkat OYO) Rooms Indonesia sebagai aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan konsumen dalam menemukan penginapan. Namun dalam pelaksanaan perjanjian tersebut, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi antara pihak PT. OYO Rooms Indonesia dengan pemilik usaha Wisma Tiara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk perjanjian kerjasama penyediaan layanan penginapan PT. OYO Rooms Indonesia dengan Wisma Tiara dan untuk mengetahui dan meneliti hambatan serta solusi yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian layanan penginapan pada Wisma Tiara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian yang dilakukan dengan melihat kenyataan yang ada dalam praktek di lapangan. Data penelitian meliputi data primer dan sekunder dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk perjanjian kerjasama penyediaan layanan penginapan PT. OYO Rooms Indonesia dengan Wisma Tiara adalah standar (baku) dimana klausul-klausulnya ditentukan oleh pihak PT. OYO Rooms Indonesia sehingga membuat pihak Wisma Tiara tidak memiliki posisi tawar (bargaining position) yang menguntungkan. Hambatan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian layanan penginapan pada Wisma Tiara terdiri dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal dari pelaksanaan kerjasama antara PT. OYO Rooms Indonesia dengan Wisma Tiara adalah adanya wanprestasi yang dilakukan pihak OYO. Hambatan eksternal adalah kondisi Wisma Tiara yang sepi pengunjung mengakibatkan pihak Wisma Tiara menanggung kerugian lebih besar. Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama antara PT. OYO Rooms dengan Wisma Tiara dapat menimbulkan perselisihan dari kedua belah pihak. Oleh karena itu untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut dapat dilakukan melalui musyawarah antar kedua belah pihak. Kata Kunci : Perjanjian Kerjasama, Penyediaan Layanan Penginapan, PT. OYO Rooms Indonesia, Wisma Tiara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:51
Last Modified: 11 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20295

Actions (login required)

View Item View Item