TINJAUAN YURIDIS GUGATAN ACARA SEDERHANA DI PENGADILAN AGAMA JAKARTA SELATAN (Studi Kasus Putusan No. 01/Pdt.G.S/2017/PA.JS)

MA’ARIF, WILDAN (2020) TINJAUAN YURIDIS GUGATAN ACARA SEDERHANA DI PENGADILAN AGAMA JAKARTA SELATAN (Studi Kasus Putusan No. 01/Pdt.G.S/2017/PA.JS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Abstraksi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (154kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Tinjauan Yuridis Gugatan Acara Sederhana Di Pengadilan Agama Jakarta Selatan (Studi Kasus Putusan No. 01/Pdt.G/2017/PA.JS). Pencari keadilan kerap menemui berbagai problem dalam penyelesaian masalah baik berkaitan dengan aspek waktu untuk suatu perkara yang terlampau lama terselesaikan, demikian juga aspek biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dikarenakan terkadang para pihak tidak hadir dipersidangan dan akan membutuhkan panggilan lagi sedangkan setiap pangilan itu akan dikenakan biaya. Jadi seakan-akan persidangan itu dipermainkan kemudian apabila hakim kurang tegas akan membebani penggugat dalam hal biaya, lambat launpun sindrom ini membentuk citra peradilan yang kurang baik dan efektif di mata masyarakat sehingga menganggap terkikisnya asas sederhana dalam peradilan untuk penyelesaian suatu perkara. Upaya pencapaian target penelitian, penulis menetapkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yakni sebagai berikut, Untuk mengetahui Aturan dan Penerapan Persidangan Acara Gugatan Sederhana Di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Untuk mengetahui hambatan yang terjadi dan solusi terhadap Persidangan Acara Sederhana Di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Untuk membahas perumusan masalah yang terdapat dalam penelitian skripsi ini dipilihlah pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan Undang-Undang (statute approch). Pendekatan konseptual adalah pendekatan masalah dengan melihat, menelaah dan menginterpretasikan hal- hal yang bersifat teoritis yang menyangkut asas-asas hukum yang berupa konsepsi, peraturan perundang-undangan, pandangan, doktrin hukum dan sistem hukum yang berkaitan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : Pertama, Aturan penerapan gugatan acara sederhana di Pengadilan Agama Jakarta Selatan merupakan salah satu sistem yang dapat dipergunakan dalam penyelesaian sengketa ekonomi syariah di Pengadilan Agama, dan hal ini telah tercantum dalam Peraturan Mahkamah Agung No. 14 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah, terdapat keistimewaan dari sistem gugatan sederhana ini, yaitu penyelesaian sengketa yang dapat lebih cepat, dibandingkan penyelesaian sengketa melalui gugatan biasa. Sehingga asas peradilan sederhana, cepat, dan biaya ringan telah terpenuhi dalam penerapan sistem gugatan sederhana terkait sengketa ekonomi syariah. Kedua, Dalam pelaksanaan di lapangan ada beberapa hambatan berkaitan dengan nilai gugatan yang berjumlah kurang dari Rp.500 juta, hal ini belum mewakili representasi wilayah karena memilki nilai yang berbeda bahwa sebagian daerah yang menyatakan bahwa gugatan untuk nilai Rp.500 juta sangat kecil sehingga gugatan akhirnya diajukan dalam gugatan biasa padahal berdasarkan pada pembuktian dan pemeriksaan seharusnya dalam gugatan sederhana namun karena adanya batasan Rp.500 juta menjadi terpaku pada nilai nominal tersebut yang belum tentu dapat menjawab dalam persolaan gugatan sederhana. Kata kunci : Gugatan Acara Sederhana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:47
Last Modified: 11 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20291

Actions (login required)

View Item View Item