PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA ( Studi Di Pengadilan Negeri Pati )

Ulya, Yustisia Naily (2020) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA ( Studi Di Pengadilan Negeri Pati ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (298kB)
[img] Text
abstraksi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (300kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan yang dilakukan secara bersama-sama dan untuk mengetahui pertimbangan Hakim Pengadilan Negeri Pati dalam menjatuhi pidana tindak pidana pembunuhan yang dilakukan secara bersama-sama berdasarakan putusan No.15/Pid.B/2014/PN.Pti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan yuridis sosiologis dan penelitian yang berbentuk kualitatif analisis. Dengan cara penelitian studi dokumen yang dilakukan di Pengadilan Negeri Pati dan membaca literature sumber bacaan lainnya serta wawancara melakukan Tanya jawab langsung dengan Hakim Pengadilan Negeri Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan yang dilakukan secara bersama-sama adalah sudah tepat . Jaksa Penuntut Umum menuntut dengan menggunakan dakwaan Alternatif yaitu Kesatu Primair: melanggar Pasal 340 KUHP, Subsidair: melanggar Pasal 338 KUHP, atau Kedua: melanggar Pasal 339KUHP, atau Ketiga: melanggar Pasal 365 ayat 4 KUHP. Diantara pasal-pasal yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum tersebut, dengan mempertimbangkan Dakwaan Kedua yang terbukti secara sah dan meyakinkan dilakukan oleh terdakwa. b) Pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati dalam menjatuhkan putusan No.15/Pid.B/2014/PN.Pti. menurut penulis sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku yang diharapkan penulis. Karena berdasarkan keterangan saksi, keterangan terdakwa, pemeriksaan barang bukti, tuntutan jaksa penuntut umum, Majelis Hakim berdasarkan fakta dipersidangan menilai bahwa terdakwa dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan pertimbangan bahwa pada saat terdakwa melakukan perbuatannya, terdakwa dalam keadaan sehat dan mengetahui akibat dari yang ditimbulkan oleh perbuatannya. Sehingga Majelis Hakim menjatuhkan pidana masing-masing 20 tahun penjara atas tindak pidana pembunuhan yang dilakukan secara bersama-sama telah tepat. Kata Kunci : Bersama-sama, Pembunuhan, Tindak Pidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:59
Last Modified: 06 Oct 2021 07:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item View Item