Tinjauan Yuridis Terhadap Kasus Perbuatan Melawan Hukum dalam Transaksi Jual Beli Bahan Kain di Pengadilan Negeri Pekalongan (Studi Kasus Putusan Nomor 38/Pdt.G/2018/PN.Pkl)

Hartanto, Elviera Rheinata (2020) Tinjauan Yuridis Terhadap Kasus Perbuatan Melawan Hukum dalam Transaksi Jual Beli Bahan Kain di Pengadilan Negeri Pekalongan (Studi Kasus Putusan Nomor 38/Pdt.G/2018/PN.Pkl). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (488kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (232kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (496kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (410kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (827kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)

Abstract

Jual beli merupakan bentuk hubungan antara manusia satu dengan yang lainnya. Dalam keduanya, terdapat interaksi yang disebabkan oleh adanya kebutuhan dari kedua belah pihak. Dalam melakukan jual beli, terdapat perjanjian di dalamnya. Tujuan dari adanya perjanjian itu sendiri yaitu untuk mengatur hubungan antara kedua belah pihak dan melahirkan kesepakatan mengenai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Perjanjian yang dibuat berlaku sebagai undang-undang bagi kedua belah pihak yang melakukan perjanjian. Jika dalam pelaksanaan perjanjian menimbulkan sengketa, maka perjanjian tersebut dapat digunakan sebagai bukti guna menyelesaikan sengketa tersebut. Sengketa yang ditimbulkan salah satunya berupa perbuatan melawan hukum, di mana perbuatan ini menimbulkan kerugian kepada orang lain. Terjadinya kerugian yang disebabkan oleh perbuatan melawan hukum jelas mewajibkan pihak yang melakukan perbuatan melawan hukum untuk membayar ganti rugi atas kerugian yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara dan untuk mengetahui akibat hukum dari Putusan Pengadilan Negeri Pekalongan dalam perkara Nomor 38/Pdt.G/2018/PN.Pkl.) tentang perbuatan melawan hukum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan Yuridis Normatif yang sebagian besar berasal dari studi kepustakaan. Dalam menganalisis data, digunakan deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian yakni 1) Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekalongan telah memutus bahwa perbuatan yang dilakukan oleh tergugat merupakan perbuatan melawan hukum. Dengan mempertimbangkan Pasal 1365 KUHPerdata perbuatan tergugat ditetapkan telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan memenuhi unsur-unsur dari perbuatan melawan hukum. 2) Akibat hukum dari putusan tersebut adalah setiap perbuatan yang dikarenakan olehnya menyebabkan kerugikan bagi orang lain, maka orang tersebut harus mengganti biaya kerugian yang disebabkan olehnya secara tunai dan seketika setelah adanya putusan yang berkekuatan hukum tetap. Kata Kunci: Perbuatan Melawan Hukum, Transaksi Jual Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:53
Last Modified: 22 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20169

Actions (login required)

View Item View Item