ANALISIS RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AWAK MOBIL TANGKI (AMT) MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI PT. PERTAMINA INTEGRATED TERMINAL SEMARANG

PUTRA, RYAN HANIF ADITYA (2023) ANALISIS RESIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA AWAK MOBIL TANGKI (AMT) MENGGUNAKAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) DI PT. PERTAMINA INTEGRATED TERMINAL SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Industri_31601800085_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601800085_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

PT. Pertamina (Persero) merupakan perusahaan manufaktur yang fokus pada pembuatan gas alam cair. Dalam setiap proses pendistribusian BBM terdapat proses gate in, proses own use, proses filling shed, dan proses gate out, hal ini terlihat melalui usaha-usaha dalam mengetahui potensi-potensi bahaya agar berkurangnya kecelakaan kerja pada pekerja khususnya pekerja Awak Mobil Tangki (AMT). Untuk mengetahui potensi bahaya yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja diperlukan pengolahan data menggunakan Job Safety Analysis (JSA) untuk melihat apakah ada potensi bahaya yang terjadi pada fasilitas serta standar kerja yang dilakukan pekerja dan. Dari pengolahan data yang dilakukan menghasilkan beberapa potensi bahaya yang terdapat di proses loading bahan bakar minyak yaitu pada pada proses gate in, proses own use, dan proses filling shed terdapat potensi bahaya. Kategori resiko dari potensi bahaya pada proses loading bahan bakar minyak memiliki jumlah 6 potensi pada kategori sangat rendah, berjumlah 1 potensi pada kategori rendah, berjumlah 4 potensi pada kategori sedang, berjumlah 1 potensi pada kategori tinggi, serta berjumlah 1 pada kategori ekstrim. Dengan melihat hasil pengolahan data dan analisa dapat diketahui bahwa potensi kecelakaan kerja yang sering terjadi ada pada bagian proses gate in, proses own use, dan proses filling shed. Dan untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan perbaikan dengan memberikan pengawasan dan safety talk dan menyediakan fasilitas CCTV dan telfon darurat dan tambahan waktu istirahat pada pengemudi dalam melakukan pengiriman dengan jarak tempuh lebih dari 60 KM serta perlunya evaluasi yang bersifat rutin. Kata Kunci: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Manajemen Resiko, Job Safety Analysis (JSA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jul 2023 06:58
Last Modified: 26 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/20062

Actions (login required)

View Item View Item