SETYANINGSIH, PRATIWI AYU and NUFUS, LAILI KHOIRUN (2020) PERFORMA TANAH OCR ( OVERCONSOLIDATION RATIO ) TERHADAP BEBAN TIMBUNAN JALAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (349kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
Abstract
Dalam perencanaan perkerjaan jalan kondisi tanah dasar harus dapat menopang beban diatasnya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakstabilan tanah, salah satunya yaitu penurunan tanah (settlement). Hal ini terjadi karena adanya konsolidasi. Konsolidasi adalah hal yang berhubungan dengan perubahan volume tanah akibat tanah mendapat tekanan, sehingga air yang ada dalam pori-pori tanah akan keluar. Tanah yang sudah pernah mengalami tekanan sebelumnya dan tekanan tersebut lebih besar dari tekanan yang dialami pada saat ini disebut juga tanah Over Consolidated. Sedangkan OCR (Overconsolidation Ratio) adalah angka yang menunjukkan nilai perbandingan antara tekanan prakonsolidasi dengan tegangan efektif yang ada sekarang. Jadi, jika tanah Normally Consolidated memiliki nilai OCR = 1 maka tanah Over Consolidated memiliki nilai OCR > 1. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui perbedaan besar penurunan tanah pada nilai OCR tertentu dengan jenis tanah yang berbeda. Berdasarkan analisa pada Plaxis 8.6 dengan permodelan menggunakan nilai OCR 2, 5, 7, dan 10 yang di aplikasikan pada lapisan tanah medium - stiff, soft clay – stiff, dan very soft clay – stiff sebagai tanah dasar dan diberi timbunan setinggi 4 m dengan waktu konsolidasi selama 10 tahun. Dari permodelan tersebut didapatkan hasil berupa semakin besar nilai OCR maka semakin kecil settlement yang terjadi, dan semakin baik jenis lapisan tanah maka semakin besar angka safety factor yang dihasilkan. Kemudian angka penurunan terlihat stabil ketika tanah telah mengalami konsolidasi selama 1, 5 dan 10 tahun, hal ini disebabkan karena tanah telah terkonsolidasi sempurna. Kata Kunci: Settlement, Konsolidasi, Overconsolidation Ratio, Safety Factor
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:11 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:11 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19998 |
Actions (login required)
View Item |