PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN SENGGORO “BALTIMORE TRUSS VERTICAL” MENGGUNAKAN PROFIL SIKU GANDA

PUTRA, ANDRE RESTU and KASYIDI, FADLI MAKHFUDZ (2020) PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN SENGGORO “BALTIMORE TRUSS VERTICAL” MENGGUNAKAN PROFIL SIKU GANDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Jembatan merupakan suatu struktur penting yang dibuat utuk menyebrangi suatu rintangan seperti jurang, sungai, rel kereta api, ataupun jalan raya. Serta jembatan ini sangat vital untuk transportasi darat pada suatu perjalanan antar wilayah. Oleh karena itu, diperlukan pembangunan banyak struktur jembatan terutam di wilayah Indonesia ini yang memiliki banyak pulau. Pada perancangan struktur jembatan kami menggunakan rangka susun baja dengan menggunakan rangka siku ganda. Tujuan perencanaan ini dengan melihat hasil stabilitas struktur jembatan Senggoro, yang terletak di kota Kutoarjo menggunakan rangka siku ganda. Metode perencanaan ini kami memodelkan lalu dilakukan proses analisis pada pemrogaman dengan software SAP2000 V.16. Jembatan ini dirancang rangka susun baja tipe Baltimore Truss. Analisis tersebut digunakan dengan adanya penambahan beban kombinasi pada struktur jembatan Senggoro ini sesuai peraturan SNI 1725:2016. Kemudian pada proses analisis tersebut akan menghasilkan rasio keamanan jembatan yang bisa disebut dengan P-M Ratio, akan diketahui berupa nilai besaran stabilitas keamanan pada masing – masing batang jembatan. Pada batang tersebut menggunakan baja profil rangka atas IWF serta rangka bawah dan sekunder menggunakan 2L. Pada profil tersebut tentunya profil yang memiliki rasio kelendutan terkecil pada baja IWF yang memiliki dimensi lebih besar daripada baja 2L. Kata kunci : Jembatan, P-M Ratio, 2L, Baltimore Truss

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 07:22
Last Modified: 23 Apr 2021 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item