PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI SAKSI KORBAN TINDAK PIDANA KESUSILAAN DALAM PROSES PERADILAN PIDANA ( Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Kendal )

LATIFAH, RIA (2020) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK SEBAGAI SAKSI KORBAN TINDAK PIDANA KESUSILAAN DALAM PROSES PERADILAN PIDANA ( Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Kendal ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (397kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Perlindungan hukum diindonesia kurang memadai terhadap anak sebagai saksi korban tindak pidana kesusilaan dalam proses peradilan pidana. perlindungan yang diberikan terhadap subjek hukumdalam bentuk perangkat hukum baik yang bersifat repsesif , baik yang tertulis maupun tidak tertulis. tujuan penelitian yang diambil antara lain: Untuk menganalisis pelaksanaan perlindungan hukumterhadap anak sebagai saksi korban tindak pidana kesusilaan dalam proses peradilan pidana di Pengadilan Negeri Kendal , Untuk menganalisis Perlakuan Terhadap Anak Sebagai Saksi Korban Tindak Pidana KesusilaanSelama Proses Peradilan Pidana di Pengadilan Negeri Kendaldan Untuk menganalisis kendala dan solusi dalam pemberian perlindungan hukum terhadap anak sebagai saksi korban tindak pidana kesusilaan dalam proses peradilan pidana di Pengadilan Negeri Kendal. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data penelitian yang digunakan Data primer berupa wawancara dan sekunder berupa buku – buku, jurnal, makalah dan internet. Teori yang dipakai untuk menganalisis teori utilitas, teori pemidanaan, teori efektivitas dan Teori keadilan. Berdasarkan penelitian menghasilkan kesimpulan: Pelaksanaan Perlindungan Hukum terhadap Anak sebagai Saksi Korban Tindak Pidana Kesusilaan dalam Proses Peradilan Pidana di Pengadilan Negeri Kendal terhadap anak sebagai korban tindak pidana kesusilaan di Pengadilan Negeri Kendal melalui upaya pendampingan anakdilakukan sejak awal kasus dalam proses penyidikan kepolisian sampai proses peradilan/pendampingan dilakukan dari instansi yang ditunjuk seperti lembaga badan pemberdayaan perempuan, orang tua korban wajib mendampingi anaknya dipersidangan. bentuk perlindungan hukum berupa: Pemberian Restitusi dan Kompensasi, Konseling, Bantuan Medis, Bantuan Hukumdan Pemberian Informasi, Perlakuan Terhadap Anak Sebagai Saksi Korban Tindak Pidana KesusilaanSelama Proses Peradilan Pidana di Pengadilan Negeri KendalAparat penegak hukum (polisi, jaksa, hakim) masih memperlakukan perempuan korban (kekerasan) pencabulan anaksebagai obyek, bukan subjek yang harus didengarkan dan di hormati hak- hak hukumnya. dan Kendala dan Solusi di Pengadilan Negeri Kendal: Pemanggilan saksi Korban, Keterangan yang diberikan oleh korban, Korban merasa trauma akibat kasus tersebut dalam memberikan keterangan dipersidanagn yang dan Solusi dalam melaksanakan perlindungan hukum terhadap anak sebagai korban tindak pidana kesusilaan dan penyelesaian dari adanya kendala tersebut adalah korban tindak pidana pencabulan terus diberikan dukungan baik dari keluarga dan masyarakat. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Anak, Korban, Tindak Pidana Kesusilaan, Proses Peradilan Pidana

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:35
Last Modified: 23 Apr 2021 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item View Item