HIDAYAT, MOHAMAD ALFIN NUR (2020) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI PENGARUH NEGATIF INTERNET PADA PESERTA DIDIK DI SMP PLUS LATANSA DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (122kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (390kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
Abstract
keberadaan internet dengan berbagai perkembangannya tidak bisa dipungkiri berdampak besar dalam berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang pendidikan. Namun dampak buruk yang menyertainya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, terutama oleh peserta didik yang belum terlalu bisa menyaring dampak-dampak negatif yang ditimbulkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif internet bagi peserta didik, peran apa saja yang dilakukan guru PAI dalam menghadapi dampak negatif internet dan apa saja kendalanya di SMP Plus Latansa Demak, terlebih lagi guru PAI SMP Plus Latansa Demak adalah guru yang mempunyai perhatian khusus mengenai dampak negatif yang ditimbulkan internet tersebut. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif sehingga teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penmelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi) dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapi pengaruh negatif internet dengan baik, yakni memberi pengajaran dan pengenalan pemanfaatan internet, membatasi penggunaan internet dan melarang penggunaan ponsel di sekolah, memberi petuah dan nasihat keislaman pada saat mengajar, membiasakan anak didik untuk sholat berjama’ah, dan Memberi bimbingan serta hukuman pada peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah yang mencakup tentang penggunaan internet. Melalui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI tersebut dapat dikategorikan bahwa peran-peran yang dilakukan guru PAI adalah sebagai pemandu, penasihat, dan teladan. Kata kunci: Peran guru PAI, dampak negatif internet, peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 07:21 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19566 |
Actions (login required)
View Item |