PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN ONLINE SEBAGAI ALTERNATIF AKIBAT COVID 19 (STUDI KASUS) DI SD DAQU SCHOOL SEMARANG

HIKMAH, NUZULUL (2020) PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN ONLINE SEBAGAI ALTERNATIF AKIBAT COVID 19 (STUDI KASUS) DI SD DAQU SCHOOL SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)

Abstract

Adanya pandemi Covid 19 berpengaruh terhadap segala aktivitas dianjurkan untuk dilakukan dirumah saja. Hal ini juga dirasakan oleh penghafal al-Qur’an yang wajib untuk tetap menjaga hafalannya. Dalam hal ini, SD DaQu School menerapkan program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19. Maka, diperlukan pengelolaan dalam program tersebut agar tercapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19 (Studi Kasus) di SD DaQu School Semarang yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19 di SD DaQu School Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan informan dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, koordinator tahfizh, dan guru tahfizh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19 di SD DaQu School Semarang telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari : 1) Perencanaan program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19 telah dirumuskan tujuan, waktu, metode, dan langkah-langkah atau sistem pembelajaran. 2) pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19 melibatkan tiga pihak (tim tahfizh): kepala sekolah (pengawas), koordinator tahfizh (penanggungjawab), dan guru tahfizh (pelaksana). Pembelajaran tahfizh al-Qur’an online meliputi setoran hafalan baru dan murajaah dengan metode fardi atau individu melalui Video Call (VC) pada aplikasi Whatsapp (WA) yang dilaksanakan 3 kali dalam 1 minggu pada jam pagi (07.00-09.00) dan jam siang (12.30-14.00) sesuai jadwal yang ditentukan. 3) evaluasi program tahfizh al-Qur’an online sebagai alternatif akibat Covid 19 menggunakan jenis evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Kata Kunci : Pengelolaan, Tahfizh Al-Qur’an Online, Covid 19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 23 Apr 2021 02:40
Last Modified: 23 Apr 2021 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19545

Actions (login required)

View Item View Item