YUSUF, MOH MAULANA (2020) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP IT ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
COVER.pdf Download (871kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (489kB) |
|
Text
PUBLIKASI.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini menjelaskan hubungan interaksi edukatif dengan prestasi belajar pendidikan agama islam. Dalam proses belajar mengajar peserta didik dan pendidik tidak lepas dari namanya interaksi, interaksi yang mempunyai tujuan dan bersifat mendidik disebut interaksi edukatif. Dalam hubungan interaksi edukatif harus ada dua unsur utama yang hadir dalam situasi belajar megajar, yaitu antara pendidik dan peserta didik, Oleh sebab itu diperlukan seorang guru yang mampu menciptakan interaksi edukatif yang kondusif supaya nantinya bisa membantu siswa atau peserta didik mencapai hasil belajar dengan baik, terutama dalam belajar pendidikan agama islam. penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan interaksi edukatif dengan prestasi belajar pendidikan agama islam.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Kemudian untuk memperoleh data yang di butuhkan peneliti menggunakan teknik angket berupa skala likert, berupa pernyataan-pernyataan.Selanjutnya dalam mengolah data peneliti menggunkan rumus korelasi PPMC (person product moment correlation) yang kemudian penulis analisis menggunkan aplikasi spss, berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII di SMP IT Asshodiqiyah Semarang. Hal ini di buktikan dengan menggunakan hasil kerja analisis statistic PPMC atau Person Produck Moment Correlation, dapat di ketahui r hitung adalah (0.458) dan r tabel (0.316). Hal ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel, artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kata Kunci: interaksi edukatif, prestasi belajar, peserta didik, pelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 07:00 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19513 |
Actions (login required)
View Item |