PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 01

Sedyamurti, Vega (2020) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI GAYAMSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (502kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (172kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (196kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor keluarga adalah salah satu faktor yang paling penting dalam mempengaruhi proses belajar peserta didik agar mendapatkan prestasi belajar yang baik. Keluarga adalah lembaga pendidikan utama dan pertama. Secara teoritis, tingkat pendidikan formal orang tua tinggi maka dalam membimbing anaknya dibidang pendidikan dirasa cukup baik sehingga anaknya dapat berprestasi, sebaliknya jika tingkat pendidikan formal rendah maka dalam membimbing anaknya di bidang pendidikan di rasa kurang sehingga anaknya kurang berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis ex post facto dengan populasi penelitian sebanyak 55 siswa kelas V SD Negeri Gayamsari 01 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 28 siswa dan kelas VB berjumlah 27 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yaitu angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis data menggunakan program SPSS 16 diperoleh: hasil uji t regresi memperoleh thitung = 4,069, sedangkan ttabel = 2,004. Jadi thitung > ttabel sehingga hubungan antar variabel adalah signifikan. Data yang diperoleh dari nilai determinasi (R2) sebesar 0,238 yang menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sebesar 23,8%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian terhadap 55 responden siswa adanya bukti untuk menolak Ho bahwa tidak ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dan menerima Ha ada pengaruh yang positif antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan pengujian juga dapat diketahui bahwa nilai p value < 0,05 yang merupakan bukti untuk menolak Ho bahwa tidak ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Saran untuk orang tua hendaknya mampu mengarahkan anaknya untuk lebih aktif dan kompetitif dalam kegiatan di kelas, dan diharapkan anak-anak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga dapat memperbaiki cara pandang, pola pikir dan taraf hidup mereka dengan bekal ilmu yang diperolah di sekolah. Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:44
Last Modified: 21 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19367

Actions (login required)

View Item View Item