EDULAN (EDUKASI PAHLAWAN) - MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV DI SDN MUKTIHARJO LOR

Sutaji, Diah Ayuk Tri (2020) EDULAN (EDUKASI PAHLAWAN) - MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MUATAN PELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA PAHLAWAN KELAS IV DI SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (236kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (330kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif materi perjuangan para pahlawan. Kurangnya ketersediaan media pembelajaran interaktif dan pembelajaran materi IPS cenderung hafalan membuat siswa sulit memahami materi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan media pembelajaran interaktif muatan pelajaran IPS materi Perjuangan Para Pahlawan Kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) Proses penelitian menggunakan model pengembangan Plomp. Tahapannya adalah: Tahap investigasi awal meliputi analisis kurikulum, analisis karakter siswa, analisis materi, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (desain) meliputi penyusunan materi, pemilihan media, penyusunan pemilihan format, dan desain media pembelajaran interaktif. tahap realisasi (konstruksi) meliputi produk jadi aplikasi (.apk). tahap tes, evaluasi, dan revisi meliputi uji validasi media dan validasi instrumen angket. Tahap implementasi meliputi uji respon siswa dan guru (2) Hasil penelitian uji validasi media mendapatkan skor 0,93 kategori sangat valid, (3) hasil validasi instrumen angket respon guru dan siswa mendapatkan skor 0,93 kategori sangat valid, (4) hasil uji coba respon siswa mendapatkan skor 42,9 kategori sangat baik, (5) hasil respon guru mendapatkan skor 48 kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif Edulan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Edulan (Edukasi Pahlawan), media pembelajaran interaktif, muatan pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:37
Last Modified: 21 Apr 2021 03:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19353

Actions (login required)

View Item View Item